Representasi Makna Budaya Pada Iklan Scott Emulsion

Tania Andriani, Cindi Calista, Annisa Thalia Faradiba

Abstract


Iklan televisi Scott Emulsion: Membantu Si Manja membesar sihat dan kuat
adalah Tagline yang melekat pada iklan televisi Vitamin Scott Emulsion. Vitamin yang
memang identik sebagai vitamin yang menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan kuat. Scott Emulsion dibagi menjadi dua varian yaitu original dan jeruk. Scott Emulsion merupakan produk vitamin yang diproduksi oleh PT Combiphar untuk PT. Sterling Products Indonesia. Pada Scotts Emulsion dengan Rasa Jeruk ini digunakan untuk membantu serta menjaga kesehatan tulang dan gigi anak, membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, dengan kandungan Cod liver oil, vitamin A, vitamin D, dan Ca hypophosphite. Artikel ini akan membahas lebih spesifik mengenai Scott Emulsion, dimana produk ini memiliki citra yang kuat terhadap citra tubuh dan ekspetasi orang lain terhadap vitamin tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan citra yang dibangun oleh produk Scott Emulsion dalam iklan televisi yang dapat menarik minat para konsumen agar dapat memiliki tubuh yang sehat dan kuat untuk si kecil. Metode yang diambil adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis yang menghasilkan tanda berupa gambar yang mengkategorikan obyek sebagai sebuah produk dari segi realitas dan representasi. Dengan demikian peneliti ini menggunakan metode kualitatif agar dapat mendepskripsikan dengan jelas tanda-tanda yang ada dalam iklan Scott Emulsion. Tujuan pemilihian metode ini untuk memberikan persepsi melalui tanda
seperti gambar yang bersifat deskriftif menjelaskan melalui kata-kata yang akan
menimbulkan persepsi karena adanya citra yang dibentuk terhadap iklan televisi.


Full Text:

PDF

References


Andrianto, N. (2017). Pesan Kreatif Iklan Televisi Ramadan 2017: Analisis Isi Iklan “Bahagianya

Adalah Bahagiaku”. Surabaya: Jurnal Studi Komunikasi

Hasibuan, Theresia Yoan M (2013) REPRESENTASI IRASIONALITAS TAHAYUL DALAM IKLAN

TELEVISI (Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Minuman Teh Nu Green Tea Versi “Haus

Bandel”). S1 thesis, UAJY.

Melissa, E. (2010). Budaya digital dan perubahan konsumsi media masyarakatkat. Tangerang:

Universitas Swiss German.

Nadya, Najna and Maryam, Siti and Nadya W, Ratu. (2020). Representasi budaya partiarki

dalam iklan televisi sariwangi versi #maribicara. Ikon, xxiv (1). pp. 16-27. ISSN 1978-6972

Suriani, Trianasar, Nurvita. (2018). Pengaruh iklan dan citra merek perusahaan terhadap

keputusan pembelian (studi kasus pada iklan ramayana departemen store 2018.

Universitas Telkom. Vol.5, No. 3. pp. 3188. ISSN 2355 - 9357


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.