Mitos Kecantikan pada Iklan Wardah Exclusive Liquid Foundation (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang mitos iklan kecantikan pada produk Wardah Exclusive Liquid Foundation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mitos kecantikan yang terkandung dalam iklan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (berupa literatur, jurnal, artikel, internet, dan lain sebagainya) dengan metode analisis yang bersifat deskriptif yang kemudian dijadikan acuan atau rujukan. Metode penelitian ini menggunakan analisis semiotika. Analisis semiotika untuk menganalisis tanda-tanda yang mendalam pada suatu objek. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yaitu sumber yang diperoleh dari iklan televisi atau youtube Wardah Exclusive Liquid Foundation. Analisis data yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan model analisis teori semiotika Roland Barthes. Objek penelitian yang akan dibahas yaitu penanda-petanda yang terdapat pada setiap scene iklan tersebut, sehingga akan didapati mitos yang tersirat, makna denotasi, dan konotasi dari hubungan keduanya. Setelah dianalisis dapat diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan produk pada iklan Wardah Exclusive Liquid Foundation ingin memberikan kesempatan kepada wanita yang warna kulitnya tidak putih dapat tampil percaya diri di depan publik. Kecantikan yang alami tidak hanya dengan warna kulit yang putih, tetapi warna kulit yang lain juga memiliki kecantikannya masing-masing, hal ini dapat memotivasi orang lain untuk tampil cantik.
Full Text:
PDFReferences
Harahap, Nursapia. (2020). Buku Metodologi Penelitian Kualitatif Dr. Nursapia Harahap, M.
Hum. Wal Ashri Publishing.
Haryadi, T. (2012). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” Dengan
Pendekatan Semiotika Roland Barthes. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education &
Cultural Studies), 1(1), 1–16.
http://journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/viewFile/182/148
Ikasari, Oktaviani. (2018). Representasi Kecantikan pada Video Youtube Beauty Vlogger “The
Power of Makeup!” (Analisis Semotika pada Video “The Power of MAKEUP!” dalam Akun
Beauty Vlogger YouTube Nikkie Tutorials). (Skripsi Sarjana, Universitas Sebelas Maret).
Nazaruddin, Muzayin. (2019). Tartu-Moscow Semiotic School and the Development of Semiotic
Studies in Indonesia. Asian Journal of Media and Communication, 3(2), 51-58.
Pratiwi, A. (2018). Representasi Citra Politik Harry Tanoesoedibjo (Studi Semiotika Roland
Barthes Dalam Video Mars Partai Perindo). Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 17-31.
https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1426
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., & Solihin, E. H. (2020). Pemasaran Online
Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 16–17.
http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Situmeang, I. O. (2015). Representasi Wanita pada Iklan Televisi Wardah Cosmetic (Analisis
Semiotik Roland Barthes Wardah Inspiring Beauty Versi True Colours). Jurnal Semiotika, 9
(1), 113-141.
Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil
Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30–43.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.