Analisis Hiperrealitas Bentuk Visual dalam Video Game Grand Theft Auto V

Huswatun Hasanah Umi, Firginia Wulandari, Alifian Egar

Abstract


Game adalah suatu bentuk hiburan yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat dimainkan secara online ataupun offline bersama – sama dengan pemain lain, game juga dapat membantu menghilangkan penat. Salah satu game yang dapat dimainkan Bersama-sama yaitu Grand Theft Auto atau GTA V ialah game laga petualangan yang dibuat pada tahun 2013 oleh Rockstar North dan dikeluarkan oleh Rockstar Games. GTA V ini mengisahkan seorang pemain yang mengikuti tiga orang kriminal dan upaya yang mereka guna menjalankan perampokan dibawah tekanan suatu lembaga pemerintahan di negara tersebut yang melakukan korupsi serta penjahat yang memiliki kuasa. Dilakukan analisis pada Game GTA V ini karena permainan GTA V memiliki bentuk realitas buatan yang dibuat secara sengaja guna melengkapi tampilan visual yang terdapat pada game tersebut. Hiperrealitas sendiri ialah konsep yang merujuk pada kondisi di mana batas
antara realitas dan imitasi menjadi kabur, hingga akhirnya citra atau representasi itu sendiri dianggap sebagai kenyataan yang lebih "nyata" daripada aslinya. Hasil dari analisis ini ialah beberapa hiperrealitas telah ditampilkan dalam GTA V dengan pembuatan suatu bentuk kenyataan buatan ini membuat pemain game GTA V akan merasa tampilan visual didalam permainan tersebut nyata secara realitas, seperti tampilan latar tempat dan penggunaan senjata sehingga sensasi memainkan GTA V jadi lebih menyenangkan dan terasa ikut masuk kedalam permainan.


Full Text:

PDF

References


Diharjo, W., Sani, D. A., & Arif, M. F. (2020). Game Edukasi Bahasa Indonesia Menggunakan

Metode Fisher. INTEGER: Journal of Information Technology, 23-35.

Komputer, U. S. (2023, - 1). Pusat Ensiklopedia. Retrieved from Ensiklopedia Dunia:

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Grand_Theft_Auto_V

Oktavianingtyas, I., Seran, A., & Sigit, R. R. (2021). Jean Baudrillard and His Main Thoughts.

Open Access, 113-121.

Rajagukguk, T. P. (2020). Simulakra Hiperrealitas dan Reproduksi Tanda Gim PUBG.

METAHUMANIORA, 118-136.

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulakra Jean Baudrillard Dalam Dunia Komunikasi

Media Massa. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 247-260.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja.Jurnal Curere, 28-38.

Wardhana, A. A. (2022). Hiperrealitas dalam Permainan Video Daring: Simulasi, Simulakra, dan

Hiperrealitas Garena Free Fire . PERSPEKTIF, 607-614.

Yunike, & Kusumawaty, I. (2023). Platform Video Game Sebagai Media Terapeutik. Journal of

Telenursing (JOTING), 560-576.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.