Analisis Budaya Visual pada Iklan Indomie Versi "Selera yang Selalu Menemani"

Khalishah Nabilah Usman, Muhammad Alfian Rizaldi, Tiara Zafira Hapsari, Mutiara Aisah Istiqomah

Abstract


Analisis iklan tentang Indomie dengan versi “Selera yang Selalu Menemani” merupakan sebuah bentuk pesan yang dipresentasikan melalui media audio visual yang memiliki keunikan tentang kuliner yang berkaitan dengan kebersamaan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut akan menjadi sebuah poin pembahasan bertujuan untuk membangun sebuah citra di masyarakat dan mempengaruhi khalayak yang menjadi target pasar. Iklan dianalisis menggunakan tema kuliner yang melekat erat dengan kebersamaan dalam berbagai aktivitas, suasana, waktu dan tempat. Melalui iklan tersebut menggambarkan sebuah selera dapat mempersatukan sebuah keberagaman yang dapat menemani seiring berjalannya waktu ke waktu. Iklan Indomie ini memiliki visualitas yang mengacu kepada pandangan social yang mempengaruhi pola pemaknaan visual. Di dalam analisis ini juga membahas mengenai pandangan yang dapat diartikan sebagai presepsi pada visual yang ditampilkan pada iklan, penggambaran situasi atau pengalaman yang lebih ideal, menarik, atau menakjubkan, dengan hal tersebut maka dapat menciptakan citra atau persepsi yang tidak lagi berhubungan dengan karakteristik atau manfaat nyata dari produk.


Full Text:

PDF

References


Agus, H. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Amallia, F., & Rustanta, A. (2020). Analisis Makna Iklan Indomie Versi “Selera Yang Selalu

Menemani”. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis.

Cahyani, P. (2021, September 9). Tak Hanya Makanannya, Orang Indonesia Punya Kebiasaan

Unik Saat Makan yang Bikin Bule Terheran-heran. Haluan Padang. Diakses dari

https://padang.harianhaluan.com

Jaiz, M. (2014). Dasar-Dasar Periklanan Cetakan ke I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Dialihbahasakan oleh

Alexander Sindoro. Jakarta: Indeks

Mar’at. (1981). Sikap Manusia : Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Vera, N. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.