Analisis Citra Iklan Teh Botol Sosro “Semeja Bersaudara”

Hardian Rizky Agastha, Salman Mu'tashim, Inaka Putri Ferdila, Chatlea Divia Mahaputri Hasby, Fakih Hasan Saputra

Abstract


Iklan adalah cara persuasif dalam memberikan informasi tentang suatu produk atau
peristiwa tertentu yang disebarluaskan melalui media cetak atau media massa. Banyak
yang didistribusikan melalui iklan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan
teknologi, banyak juga variasi yang meningkatkan iklan dan memberikan kesan yang
menarik dan meyakinkan. Mari kita mulai dengan perbaikan desain, jargon, dan hal-hal lain yang memperkuat kesan bahwa sebuah iklan adalah iklan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika. Semiotika adalah tanda-tanda yang melekat pada objek atau tulisan dan nilai semantiknya disepakati bersama. Jenis pengumpualn data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung terhadap partisipan penelitian dan dijadikan sebagai bahan penelitian untuk penelitian ini, antara lain berupa video iklan minuman Teh Botol-Semeja Bersaudara. Data sekunder diperoleh peneliti dari sumber lain (literatur atau literatur profesional) dan penjelasan teoritis yang dapat mendukung penelitian ini. Contoh penggunaan iklan yang kreatif, inovatif dan memiliki kepentingan sosial yang tinggi adalah iklan minuman Teh Botol-Semeja Bersaudara. Pengumuman ini dari tahun 2021 dan melibatkan kebersamaan saat makan malam tanpa memperhatikan perbedaan satu sama lain.


Full Text:

PDF

References


Chaney, D. (2011). Life Style: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta:

Jalasutra

Durianto, Darmadi, dkk. 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Efektif.

Jakarta; Cetakan Gramedia Pustaka.

Ernestivita, G. (2017). Mengukur Efektivitas Tagline Iklan Televisi Minuman Ringan Teh Botol

Sosro dengan Metode Customer Response Index (Cri) (Studi pada Mahasiswa Program Studi

Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2014). Jurnal Ekonika: Jurnal

Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2), 112–126.

Hakim, L., & Monalisa, O. (2022). Analisis semiotika Roland Barthes Pada iklan pocari sweat

versi ramadhan 1442 h. Mediakita, 6(2), 133–146.

Jaiz, Muhammad. (2014). Dasar-Dasar Periklanan Cetakan ke Empat. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Muhadjir, Noeng, 2011, Metode Penelitian, Yogyakarta : Rake Sarasin.

Ningsih, N. F., Komalawati, E., & Rosma, A. (2019). Pengaruh Iklan Televisi Teh Botol Sosro

Versi “Semeja Bersaudara” Dan Iklan Instagram Versi “Serunya Jalan Terus” Terhadap Citra

Merek. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(2), 73-81.

Nirmala, V. (2017). Tindak tutur ilokusi pada iklan komersial Sumatera ekspres. Kandai,

(2), 139-150.

Puteri, B. D. Y. (2017). Analisis Semiotik Pada Iklan-Iklan Aqua Di Media

Televisi. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 4(1).

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis semiotika Roland Barthes Pada film 3 dara.

DEIKSIS, 10(03), 212.

Sari, Y. P. (2019). Pilihan Bahasa pada Iklan Luar Ruang di Kota Banjarmasin. UNDAS: Jurnal

Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1–18.

Sulaiman, Z. M., Chien, G. K., Boon, E. S., & Yusuf, A. H. S. M. (2012). Slanga remaja Melayu

dan Cina: Analisis awal berdasarkan Teori Relevan. International Conference On Arts, Social

Sciences, And Technology (ICAST2012).

Wibowo, Setyo Ferry & Maya Puspita Karimah. (2012). Pengaruh iklan televisi dan harga

terhadap keputusan pembelian sabun lux (survei pada pengunjung mega bekasi hypermall).

Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Jakarta. Vol 3,No. 1.

Wirianto, R., & Girsang, L. R. M. (2017). Representasi Rasisme pada Film “12 Years A

Slave”(Analisis Semiotika Roland Barthes). Semiotika: Jurnal Komunikasi, 10(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.