Analisis Film "Teka-Teki Tika" di Bioskop Tahun 2021 Melalui Pendekatan Mitos

Febriana Ardani, Matias Krisma Sunardi, Lingga Adhi Sagraha

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Citra dalam Media Sinema Film “Teka-Teki Tika” di
Bioskop Tahun 2021. Alasan dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk menganalisis poster
film “Teka-Teki Tika” Berdasarkan teori Mitos menurut Roland Barthes. Roland Barthes
menyatakan bahwa Mitos muncul ketika makna konotatif bertahan dalam masyarakat
untuk jangka waktu yang lama dan karena itu dianggap sebagai makna denotatif (makna
sebenarnya). Bagi Barthes, mitos adalah cara berpikir, cara budaya memahami dan
memahami sesuatu. Jika konotasi merupakan makna sekunder penanda, maka mitos
merupakan makna sekunder penanda (Kurniasih, 2023). Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menemukan atau mengungkap citra-citra dalam lingkungan film film Teka-Teki Tika
di bioskop tahun 2021. -Teki Tika" akan tayang di bioskop tahun 2021. Penelitian ini lebih
fokus pada pembahasan poster film Teka-Teki Tika. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. hasil
penelitian tentang ini ditemukan pada poster film “Teka-Teki Tika” ini adalah Citra yang
ditimbulkan dalam poster film “Teka-Teki Tika” yang dapat mencerminkan karakter utama
atau kelompok karakter yang ada dalam film. Melalui pose, ekspresi wajah, dan
penampilan visual, poster film dapat memberikan gambaran tentang kepribadian, peran
maupun konflik yang dihadapi oleh karakter-karakter tersebut.


Full Text:

PDF

References


Riwu, A., Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara (Kajian

Semiotika). Jurnal Deiksis. 10 (3), 212-223.

Angela, M., Winduwati, S. (2019). Representasi Kemiskinan dalam Film Korea Selatan (Analisis

Semiotika Model Saussure pada Film Parasite). Jurnal Koneksi. 3 (2), 478-484.

Wibisono, P., Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Bintang Ketjil Karya

Wim Umboh dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi. 1 (1), 30-43.

Komalawati, E. (2017). Industri Film Indonesia : Membangun Keselarasan Ekonomi Media Film

Dan Kualitas Konten. Jurnal Komunikasi. 1 (1), 1-18.

Oktavianus, H. (2015). Penerimaan Penonton Terhadap Praktek Eksorsis didalam Film

Conjuring. Jurnal E-Komunikasi. 3 (2), 1-12.

Sugianto, G.E. (2017). Persepsi Mahasiswa Pada Film “Senjakala di Manado” (Studi Pada

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat). Jurnal Acta Diurna. 6 (1), 1-16.

Imanto, T. (2007). Film Sebagai Proses Kreatif Dalam Bahasa Gambar. Jurnal Komunikologi. 4

(1), 23-34.

Kurniasih, P. (2023). Budaya Visual Citra dan Media. Materi Budaya Visual Pertemuan 2, 1-17.

Septiana, R. (2019). Makna Denotasi, Konotasi dan Mitos dalam Film Who Am I Kein System Ist

Sicher (Suatu Analisis Semiotik). Jurnal Skripsi. 2.

Antika, T.R., dkk. (2020). Analisis Makna Denotasi, Konotasi, Mitos Pada Lagu “Lathi” Karya

Weird Genius. Jurnal Sastra. 9 (2), 61-71.

Nasirin, C., Pithaloka, D. (2022). Analisis Semiotika Konsep Kekerasan Dalam Film The Raid 2:

Berandal. Jurnal of Discourse and Media Research (JDMR). 1 (1), 28-43.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Kurniasih, P. (2023). Budaya Visual Pandangan dan Mitos. Materi Budaya Visual Pertemuan 5,

-16.

Shalekhah, A.N., Martadi. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Poster Film Parasite

Versi Negara Inggris. Jurnal Barik. 2(1), 54-66.

Ensiklopedia Dunia. (2023, Juli 3). Poster Film Teka-Teki Tika. Stekom Online. Diakses dari

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Teka-teki_Tika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.