Representasi Makna Pesan Dalam Video Iklan "Tiba-Tiba Ramadhan" Goodlife BCA

Alfianssyah Setiawan, Hasbi Assidik, Jamal Rizky

Abstract


Iklan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap Kemajuan Penjualan. Salah satuya
adalah Iklan Goodlife BCA : realita ramadhan dari mata Christine hakim #tibatibatenang
pada youtube. Bank Central Asia atau yang lebih dikenal dengan sebutan BCA merupakan
salah satu bank swasta terbesar yang ada di Indonesia yang didirikan pada 21 Februari
1957. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam iklan Goodlife BCA : realita ramdadhan dari mata Christine hakim #tibatibatenang. Metodologi yang digunakkan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan teori Representasi. Data yang dipakai dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari video iklan Bank BCA pada platform aplikasi youtube. Analisis yang digunakkan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis teori Representasi.
Berdasarkan visualisasi audio dan visual yang kemudian dilakukkan analisis dalam setiap
scene yang ada pada iklan Youtube Goodlife BCA, Jadi kesimpulannya banyak makna
pesan yang bisa diambil dalam Iklan youtube Goodlife BCA tersebut. Tujuan penelitian ini
bertujuan memberikan persepsi melalui tanda seperti gambar dan bersifat deskriptif
menjelaskan melalui sudut pandang dan kata kata yang menimbulkan persepsi.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Salma., Sulton, M., Rohmadi, M. (2023). Analisis Praanggapan dalam iklan BCA

Realita Ramadan dari mata Christine Hakim #tibatibatenang di Youtube, 3(1), 84-88.

Hall, Stuart. (2003). “thigs dont’ mean: we construct meaning, using representational system-

concept and signs”, 7(1), 17

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen pemasaran. PT.Prenhanllindo, Jakarta.

Subadi, Tjipto. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Muhammadiyah University Press,

Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.