Analisis Iklan Televisi “Oreo Penuh Keajaiban” Versi Vampir Menggunakan Teori Roland Barthes

Ilham Apriliansyah, Martin Poltak, Davi Harlan, Ari Samzudi, Bintang Maika

Abstract


Penelitian ini menganalisis iklan televisi Oreo Penuh Keajaiban versi vampir menggunakan
pendekatan semiotika Roland Barthes. Oreo adalah merek biskuit yang terkenal dengan
rasa lezat dan desain uniknya. Iklan Oreo Penuh Keajaiban versi vampir ini
mengkampanyekan pesan-pesan tentang keajaiban dan menggoda audiens dengan
menggunakan karakter vampir, suasana yang terlihat misterius, visual yang menarik begitu berubah ketika memakan sepotong biskuit oreo. Melalui analisis semiotik Roland Barthes, iklan ini membangun mitos bahwa Oreo memberikan sebuah kekuatan supernatural kepada karakter vampire dan menciptakan kegembiraan serta kebersamaan yang terlihat pada scene dimana seorang vampir yang berdansa dengan seorang manusia. Setiap adegan dalam iklan diteliti untuk mengungkapkan makna mitos yang ingin disampaikan oleh produsen. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan Oreo Penuh Keajaiban versi vampir ini berhasil menciptakan citra biskuit yang magis dan menggoda, menghubungkan merek dengan audiens melalui penggunaan simbol, mitos, dan emosi. Kampanye ini menjadi contoh strategi periklanan yang efektif dalam membawa kegembiraan dan menciptakan ikatan emosional dengan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Belch E. George & Michael A. Belch. (2015), Advertising and Promotion, an Integrated

Marketing Communications Perspective.Singapore: McGraw-Hill Education.

Nurfebiaraning, S. (2016), STRATEGI KREATIF PESAN VIDEO ADVERTISING “OREO Penuh

Keajaiban” pada YouTube.Fakultas Komunikasi dan Bisnis.Universitas Telkom,

Bandung.(1)

Ramdani, F, S. Safitri, I. Amzy N. ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN DALAM IKLAN OREO

“PENUH KEAJAIBAN” VERSI HIU.Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Indraprasta

PGRI. (1)

Sommerville, I. (2003). Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak.

Yudhi, L. (2015) REPRESENTATIF SAHABAT MENYENANGKAN DALAM TVC OREO SEBAGAI

MARKETING COMMUNICATION STRATEGY.Program Ilmu Komunikasi. Universitas Bunda

Mulia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.