Penanaman Citra Perempuan & Budaya Patriarki: Aanalisis Encoding-Decoding Pada Game Nanny Mania

Aura Putri, Dinda Muthia Muthmainah, Tantia Denia Damayanti, Monique Maidangkay

Abstract


Game Nanny Mania memiliki latar belakang seorang pembantu atau asisten rumah tangga pada suatu rumah besar yang tiap anggota keluarganya sangat sibuk sehingga
membutuhkan jasa asisten rumah tangga. Nanny memiliki misi untuk menyelesaikan
pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan setiap sudut rumah serta mengasuh anak. Lalu permasalahan dari objek video game Nanny Mania terdapat pada makna visual yang terkandung pada game Nanny Mania dengan mengkaji tiap elemen pada tampilan game dapat diketahui nilai budaya yang diangkat. Lalu penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengupas makna visual pada video game Nanny Mania dengan teori encoding decoding guna mengetahui nilai budaya yang terkandung didalamnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu adanya rumusan masalah yang memandu penelitian untuk memperhatikan visual objek yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam dengan teori encoding-decoding. Pada hasil penelitian, seluruh data hasil analisis makna visual terhadap video game Nanny Mania berupa makna visual dari setiap unsur elemen-elemen objek yang terdapat pada game Nanny Mania dikumpulkan sebagai nilai khusus pada objek, sehingga dapat diketahui apa budaya visual yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan hasil analisis terhadap elemen-elemen visual ppada game Nanny Mania dilihat serta dihubungkan dengan target pasar game Nanny Mania, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan visual video game Nanny Mania memiliki nilai budaya yang tertanam yaitu budaya patriarki, dimana target game Nanny Mania adalah anak-anak perempuan dan karakter Nanny yang merupakan seorang perempuan bekerja menjadi asisten rumah tangga.


Full Text:

PDF

References


Bankovic, S. (2013). Decoding in Communication: Understanding the Message. International

Journal of Science and Research (IJSR), 4(1), 1020-1022.

Khusnul Khotimah. (2009). Diskriminasi Gender Terhadap Perempuan Dalam Sektor Pekerjaan,

Jurnal Studi Gender & Anak, 4(1) 158–180.

Mundir. (2013). Statistik Pendidikan. Jember: Pustaka Pelajar.

Purnamasari, N.P., & Tutiasri, R.P. (2021). Analisis Resepsi Remaja Perempuan Terhadap

Gaya Hidup Berbelanja Fashion Melalui Tayangan Video ‘Belanja Gak Aturan’ dalam Akun

Tiktok @handmadeshoesby. Jurnal Representamen, 7(1), 79-91.

Sakina, A. I., & A., D. H. S. (2017). Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia. Share : Social Work

Journal.

Siwek, S. E. (2017). The Economic Impact of the Video Game Industry in the United States.

Entertainment Software Association.

Sugiyono. (2007) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.