Analisis Budaya Visual Pada Game Dreadout

Muhammad Raihan Marandanis, Berry Rivaldi Zacharias, Rio Revelino

Abstract


Perkembangan teknologi dan industri video game telah memberikan peluang baru bagi
pengembang untuk menciptakan pengalaman interaktif yang menarik dan membangkitkan imajinasi. Salah satu genre yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir adalah game horor. Salah satu perwakilan terbaik dari genre game horor adalah "DreadOut", yang dirilis pada tahun 2014 oleh "Digital Happiness", sebuah studio game indie di Bandung, Indonesia. DreadOut telah mendapatkan banyak apresiasi dari kritikus dan penggemar game horor di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Game ini berhasil menggabungkan elemen-elemen horor Indonesia dengan pengalaman bermain yang menegangkan dan cerita yang mendalam. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini akan melibatkan Analisis Visual Budaya Visual dan Analisis Kualitatif terhadap elemen-elemen gameplay dan naratif dalam “DreadOut”. Artikel ini juga akan mencakup tinjauan sejarah game horor, pengaruh budaya Indonesia dalam permainan, dan dampak game tersebut terhadap industri game indie di Indonesia. Dalam analisis visual budaya visual, artikel ini mengeksplorasi berbagai aspek seperti citra visual, visi dan visualitas, media dan khalayak, pandangan, serta simulakra dan simulasi dalam konteks game "DreadOut". Hasil analisis ini menunjukkan bahwa game ini berhasil menciptakan citra visual yang berperan penting dalam menghubungkan budaya dan mitologi Indonesia.


Full Text:

PDF

References


BlackPinX. (2023, April 16). DreadOut: Game Horor Indonesia, Seramnya Lebih Kerasa.

Retrieved from SOBAT GAME: https://sobatgame.com/game-dreadout/

Nadya, H. S. (2018). TINJAUAN VISUAL PADA PERMAINAN DIGITAL INDONESIA BERJUDUL "DREADOUT". National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 5 - 15.

Santoso, L. D. (2022, September 27). Pengertian Endcoding dan Decoding dalam Komunikasi. Retrieved from KOMPAS.com: https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/27/143000269/pengertian-endcoding-dan-decoding-dalam-komunikasi

Syafii, M. (2022, Desember 04). Metode Penelitian Kualitatif. Retrieved from UMSU Medan: https://umsu.ac.id/metode-penelitian-kualitatif-adalah/#:~:text=Metode%20penelitian%20kualitatif%20bertujuan%20untuk,subtansi%20makna%20dari%20fenomena%20tersebut.

Yuliawati. (2019, Mei 05). Lewat Gim DreadOut, Bawa Identitas Lokal ke Tingkat Global. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/yuliawati/indepth/5e9a519353d43/lewat-gim-perkenalkan-identitas-lokal-ke-tingkat-global


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.