Analisis Visual Jejak si Gundul Pembuatan Kue Sui Cung

Arlianti Nurdiannissa, Felicia Andi Zahra, Muhamad Raihan Rijki

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui berbagai makna tanda yang ada pada tayangan Si Gundul episode kue Sui Cung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori budaya visual dengan melakukan 7 tahapan yaitu dengan pendekatan citra, visual dan visualitas, media dan khalayak, encoding-decoding, mitos, the gaze, dan simulasi-simulakra. Temuan penelitian ini mengungkapkan sejumlah indikator yang searah satu sama lain untuk mendukung pesan yang ingin disampaikan dalam episode Si Gundul pada episode “Pembuatan Kue Sui Cung”. Dapat diambil kesimpulan bahwa setelah dianalisis menggunakan teori budaya visual, Jejak si Gundul tidak menayangkan perayaan yang menegaskan bahwa kue tersebut biasa dibuat saat perayaan, sehingga penyampaian maknanya menjadi kurang jelas.

Full Text:

PDF

References


Adventures. (2022, April 14). Kue Sui Cung | Jejak si Gundul (30/03/22) [Video]. YouTube.

https://www.youtube.com/watch?v=h_DHJwH04Nc

Akbar, F. (2023a). Pertemuan Minggu 3: Visi dan Visualitas [Modul]. [Tersedia dari website LMS

UNINDRA Universitas Indraprasta PGRI.]

Akbar, F. (2023b). Pertemuan Minggu 4: Media dan Khalayak [Modul]. [Tersedia dari website

LMS UNINDRA Universitas Indraprasta PGRI.]

Akbar, F. (2023c). Pertemuan Minggu 5: Pandangan dan Mitos [Modul]. [Tersedia dari website

LMS UNINDRA Universitas Indraprasta PGRI.]

Herlina, D. (2019). Literasi Media: Teori dan Fasilitasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya menonton televisi di

Indonesia: dari terrestrial hingga digital. ProTVF, 3(1), 53-67.

Purwaningsih, D. (2022, November 10). Profil dan Biodata Heru Gundul, Sosok Host Jejak Si

Gundul di Trans7, Lengkap: Umur, Pendidikan, IG. Malang Terkini. Diakses dari

https://malangterkini.pikiran-rakyat.com

Theo, R., dan Lie, F. (2014). Kisah, Kultur, dan Tradisi Tionghoa Bangka. Jakarta: PT Kompas

Media Nusantara.

Trans7. (n.d.). Jejak Si Gundul. Trans7. Diakses dari https://www.trans7.co.id

Triartanto, A. Y. (2015). SIMULACRUM DAN EKSTASI KOMUNIKASI DALAM NARASI FILM SPIN-

OFF. Jurnal Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.31294/jkom.v6i1.2459

Wardhana, A. a. N. a. S. (2022). Hiperrealitas dalam Permainan Video Daring: Simulasi,

Simulakra, dan Hiperrealitas Garena Free Fire. Perspektif: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 11(2),

–614. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.601


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.