Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Poster Iklan Floridina Coco

Airlangga Jamallula, Ammar Muhammad, Ardiansyah Alfin Nugraha, Asep Irawan, Muhammad Yasin

Abstract


Floridina coco merupakan produk minuman jeruk dengan kelapa pertama kali di Indonesia dalam pemasarannya produk ini menggunakan media poster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna apa saja yang tekandung di dalam iklan poster minuman Floridina Coco., analisis pada artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yakni dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Dengan teori ini akan dianalisis secara mendalam dari segi makna denotasi ,konotasi dan juga mitos yang nantinya akan menjelaskan citra pada poster tesebut. Hasil dari analisis ini menunjukan Citra utama yang ingin disampaikan dalam poster Floridina Coco apakah sudah tepat atau belum. Analisis poster tersebut dapat menjadi referensi bagi para desainer agar dapat membuat desain dengan citra yang sesuai sehingga pesan yang ingin disampaikan akan dapat dengan jelas dimengerti oleh audiens.


Full Text:

PDF

References


Adelindriani, w. (2022). Analisis kadar vitamin c pada buah jeruk di pasar tradisional

menggunakan titrasi iodometri. (Tugas akhir Diploma III, Politeknik Kesehatan

Kemenkes Medan)

Casofa, F., & Isa, A. (2022). Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, A. K. (2010). Semiotika Bagian 1. Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar.

Febhimaesuri, N., & Pratama, D. R. (2021). Analisis semiotika komunikasi visual pada poster iklan

“teh pucuk harum.”. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 3(2), 156-160.

Hastuti, S. (2013). Efektivitas iklan layanan masyarakat di televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2),

-72.

Hilmi, M. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Pekalongan: Penerbit NEM.

Husaina, A., Haes, P. E., Pratiwi, N. I., & Juwita, P. R. (2018). Analisis film Coco dalam teori

semiotika Roland Barthes. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 2(2), 53-69.

I Made Winartha. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Gaha

Ilmu.

Kairony, F. (2007). Strategi ADRACKS dalam memperkenalkan kartu pos sebagai media

Periklanan (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (2017). Analisis semiotika Roland Barthes pada ritual otonan

di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195-217.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal

ekonomi dan kewirausahaan, 13(2), 116-129.

Pakaya, S., Une, S., & Antuli, Z. (2021). karakteristik kimia minuman isotonik berbahan baku air

kelapa (cocos nucifera) dan ekstrak jeruk lemon (citrus limon). Jambura Journal of Food

Technology, 3(2), 102-111.

Rusmana, Dadan. (2014). Filsafat Semiotika Paradigma, Teori, dan Metode Intrepretasi Tanda

dari Semiotika structural hingga Dekonstruksi Praktis. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sinaga, L. F., & Fuad, E. (2013). Analisis Poster di Hotel Madani Medan ditinjau dari Aspek Desain

Grafis Komputer. Jurnal Gorga, 1(3), 1-11.

Situmorang, J. R. (2008). Mengapa Harus Iklan?. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2).

Subianto, I. B., Anto, P., & Akbar, T. (2018). Perancangan poster sebagai media edukasi peserta

didik. Jurnal Desain, 5(03), 215-222.

Sujatmiko, G. (2018). Analisis Semiotika komunikasi visual iklan Minute Maid Pulpy tahun 2008-

Jurnal Komunikatif, 7(2).

Zharandont, P. (2015). Pengaruh warna bagi suatu produk dan psikologis manusia. Bandung.

Universitas Telkom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.