Analisa Mitos Pada Iklan Minuman Pocari Sweet Isotonic Dalam Menambah Energi

Asepta Nugraha, Andhika Yusuf, Erda Maulana, Rizky Eriyanto, Denar Santosa

Abstract


Teori Roland Barthes berhasil menemukan konotasi, denotasi dan mitos pada artikel
penelitian Iklan Pocari Sweat Versi Bintang SMA dengan menggunakan audio, visualisasi
Vidio dan teks sebagai tanda dan penandanya. Pada dasar itulah pengkaji pada artikel ini
meningkatkan citra perusahaan dengan menggunakan Iklan TVC Pocari sweat versi Bintang SMA. Iklan menjadi salah satu daya tarik utama dalam media promosi, iklan merupakan bentuk dari Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen agar tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan Dengan metode mitos yang digunakan dalam iklan ini, para penonton diajak untuk melihat lebih dari sekadar produk. Penelitian kami menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti atau memahami perilaku individua tau kelompok, dan fenomena sosial untuk memperoleh data-data deskriptif dalam bentuk lisan atau tulisan.


Full Text:

PDF

References


Amerta Indah Otsuka: AIO. Produk Pocari Sweat. Diakses pada 16 Juni 2023 dari

https://www.aio.co.id/about-us

Azaria, P. A., Kumadji, S., & Yaningwati, F. (2014). Pengaruh Internet Marketing Terhadap

Pembentukan Word of Mouth dan Evektivitas Iklan Dalam Meningkatkan Brand

Awareness. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 13(1).

Barthes, R. (1967). Elements of Semiology (A. Lavers & C. Smith, penerjemah). New York: Hill

and Wang.

Fimansyah, M., Masrun., dan Yudha, K., D., I. 2021. Esensi perbedaan metode kualitatif dan

kuantitatif. Elastittas – jurnal ekonomi pembangunan. 3(2) hlm. 157.

Fiske, J. (2011). Introduction to Communication Studies 3 rded. New York, NY: Routledge.

Kartiningrum, E. Panduan penyusunan studi literatur. Jurnal. Politeknik Kesehatan Majapahit.

Mojokerto. (2016): 4

Yuniyanto, H. R., & Sirine, H. (2018). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube

dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Esensi: jurnal bisnis dan

manajemen, 8(1), 21-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.