Representasi Budaya Digital Pada iklan Blibli NCT 127

Gustian Aldi, Bobby Anwar, Syamsul Hidayat

Abstract


Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang dipergunakan untuk
menyampaikan pesan dari pihak produsen kepada pihak konsumen, maka yang
patut untuk dilaksanakan dalam kegiatan memproduksi iklan atau
mempublikasikan iklan harus lebih dari sekedar memberikan informasi tentang
produk-produk yang disuguhkan kepada konsumen, tapi juga dapat mengganti
pandangan konsumen karena iklan tersebut. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengkategorikan objek sebagai
sebuah produk dari segi realitas, representasi, dan ideologi (Tinarbuko,2009).
setelah melakukan pengumpulan data dengan teknik kualitatif yaitu observasi
dengan menonton iklan video Blibli dengan Tagline nya "PASTI PUAS PASTI DI
BLIBLI, PASTI GRATIS ONGKIR" yang menyajikan bahwa belanja pasti gratis ongkir,
belanja apapun pengiriman tepat waktu , dan pasti origin Dengan pemilihan
metode tersebut peneliti akan mempresentasikan objek iklan video youtube ini.
Tujuan analisis ini untuk menyampaikan persepsi melalui gambar bersifat
deskriptif, menjelaskan melalui kata-kata yang menimbulkan persepsi karena
adanya citra yang dibentuk oleh iklan tersebut. hasil dan permasalahan Yang
menjadi titik fokus dalam analisis ini adalah iklan di media elektronik, yaitu Blibli.
Blibli merupakan Online Marketplace yang popular di Indonesia, dengan
menawarkan berbagai macam produk yang dibagi menjadi 16 kategori pilihan.
Hingga saat ini sudah lebih dari 10.000 mitra usaha yang bergabung dengan
Blibli. Blibli selalu berusaha untuk memperluas jaringan perusahaan agar dapat
semakin popular di kalangan masyarakat dengan berpromosi lewat Iklan lewat
media Elektronik. Hal itu bisa dilihat dari Blibli yang mengangkat salah satu
Boyband asal Korea yang bernama NCT 127 untuk menjadi Brand Ambassador
mereka dalam memperingati Ulang tahun ke-11 Blibli. Gambaran yang
dipublikasikan dalam iklan dapat dijadikan sebagai bayangan terhadap kondisi di
dalam perusahaan tersebut. Setiap Iklan memiliki versi tersendiri dalam
mempresentasikan dan membuat makna untuk disampaikan kepada konsumen.


Full Text:

PDF

References


Abdi, Achmad (2023). Pengaruh NCT 127 sebagai Brand Ambassador, Electronic Word Of

Mouth (e-WOM), dan E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian pada

E-commerce Blibli.com:Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Diakses pada 24

Juni 2023.

Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra. Diakses

Juni 2023.

Fowles, Jib. (1996). Advertising and Popular Culture .California: SAGE Publications, Inc. Diakses

Juni 2023

Heppy,Endang. (2017). REPRESENTASI KESETARAAN GENDER PADA IKLAN (Tinjauan Semiotika

Citra Laki-Laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain. 4(3), 212-230. Diakses

Juni 2023.

Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga. Diakses pada 1 Juni 2023.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta:

Penerbit Grafiti. Diakses 2 Juli.

Pujiyanto. (2003) "Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Periklanan." Nirmana, : Vol.5

No.1 Januari, 96-109.

Sofiandy, D. A. (2018). Analisis Segmenting, Targeting, Dan Positioning Film Animasi Super Neli

Bandung Tahun 2018. Bandung (ID) : Universitas Telkom. Diakses pada 20 Juni 2023.

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual . Yogyakarta (ID) : Jalasutra. Diakses 7

Juni 2023

Utari, Prahastiwi. (2011). Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: ASPIKOM.

Diakses pada 22 Juni 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.