Citra Dalam Iklan Televisi Marlboro Pursue Flavor 50 Years (2022)
Abstract
Banyak konsumen yang tertarik terhadap suatu produk setelah melihat iklan di televisi dan hal ini menunjukkan bahwa iklan multimedia sangat efektif untuk menyampaikan pesan kepada konsumen Media iklan Marlboro sangat bervariasi, tetapi umumnya mengikuti format yang biasa digunakan dalam iklan rokok. Media objek iklan Marlboro pertama yang dapat dilihat adalah kemasan rokoknya. Marlboro sebagai brand, dianggap oleh masyarakat memiliki citra sebagai brand yang premium dan berkelas. Analisis ini mengguakan teori simulakra yang dikemukakan oleh filsuf Prancis Jean Baudrillard. Melalui bukunya, Simulacra and Simulations. Menurut Baudrillard Simulacra adalah ruang tempat mekanisme simulasi berlangsung. Hasil analisis Iklan Marlboro menggunakan teori simulakra dengan menciptakan representasi yang lebih besar dari kehidupan nyata. Mereka menampilkan gambaran yang sangat idealistik dari kehidupan di alam terbuka, dengan latar belakang pemandangan alam yang luas, pria yang berkarismatik. Dapat disimpulkan bahwa iklan ini termasuk dalam teori simulakra dengan menciptakan representasi kehidupan nyata yang lebih besar. Menampilkan gambaran kehidupan yang sangat diidealkan Namun Marlboro dapat mengimplementasikan produk secara tidak langsung, dan iklan Marlboro mampu menarik perhatian khalayak, salah satunya dengan unsur audio yang mendapatkan proporsi yang cukup besar.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). MEDIA TELEVISI DI ERA INTERNET. ProTVF, 2, 101–110.
Murtiningsih, S., Siswanto, J., & Syamsudin, M. M. (2013). Problem Pendidikan Video Games
Baudrillard. Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, 19(1), 78–86. Retrieved from
http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/3758
Nafanu, S. (2020). Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas
Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota
Kefamenanu Kabupaten TTU. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(3), 31–45. Retrieved from
http://jurnal.unimor.ac.id/JEP
Prasidda, I. A., & Prihatini, A. E. (2017). Analisis Pengaruh Periklanan Dan Gaya Hidup Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rokok Marlboro PT. Hm Sampoerna Tbk.(Studi
Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang).
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 134–143.
Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & ZA, S. Z. (2018). Pengaruh efektifitas iklan televisi. Jurnal
Manajemen, 9(2), 76. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.