Representasi Budaya Pada Iklan Sarung Wadimor
Abstract
Sarung Wadimor adalah jenis produk tekstil tradisional yang berasal dari Indonesia. Sarung ini memiliki ciri khas dengan motif-motif tradisional yang indah dan unik. Penelitian ini menganalisis representasi nilai budaya dalam iklan sarung Wadimor menggunakan metode deskriptif representatif. Sarung Wadimor adalah produk tekstil tradisional dengan nilai-nilai budaya khas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif representatif dengan mengamati iklan-iklan sarung Wadimor yang ditayangkan di berbagai media. Data dikumpulkan melalui observasi visual dan analisis isi terhadap iklan yang dipilih secara acak. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi elemen visual, naratif, dan simbolik yang mewakili nilai budaya dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, iklan sarung Wadimor berhasil merepresentasikan nilai-nilai budaya terkait tradisi, keindahan, dan keaslian. Elemen-elemen seperti motif-motif tradisional, Namun, juga terdapat beberapa iklan yang cenderung mengadopsi elemen-elemen modern dan internasional, yang dapat mengubah representasi nilai budaya asli. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan gambaran mengenai representasi nilai budaya dalam iklan sarung Wadimor. Meskipun ada upaya untuk mempertahankan dan mewujudkan nilai- nilai budaya tradisional, perubahan atau penyesuaian yang mempengaruhi esensi dan makna budaya harus diwaspadai. Penelitian ini berkontribusi dalam pemahaman tentang bagaimana nilai budaya dapat direpresentasikan dalam konteks periklanan, serta memberikan panduan untuk menjaga keaslian budaya dalam komunikasi visual dan naratif
iklan.
Full Text:
PDFReferences
Althusser, L. (2006). Ideology and ideological state apparatuses (notes towards an
investigation). The anthropology of the state: A reader, 9(1), 86-98. Bendixen, M. T. (1993). Advertising ef ects and ef ectiveness. European journal of
marketing, 27(10), 19-32. Baudrillard, J. (1994). Simulacra and simulation. University of Michigan press. Kotler, Philip, (1990). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanan, dan Penganalisaan, Erlangga, Jakarta. Kotler, Philip, (2000). “Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Tenth Edition”, Prentice Hall International, Inc., New Jersey.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.