Analisis Vlog Grand Opening “Payakumbuah” Melalui Pendekatan Media Dan Khalayak

Melly Andani, Naza Dafriansyah Sani, Irsyal Maulana Fikriansyah, Resviana Resviana

Abstract


Sosial media merupakan salah satu tempat sarana interaksi sosial antar manusia, seperti
halnya dalam berkomunikasi, menyampaikan informasi, serta kolaborasi. Salah satunya
cirinya yaitu video blog atau yg biasa disebut vlog, vlog biasanya diunggah dalam media
sosial yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, komunikasi sosial dan juga
mengabadikan sesuatu yang dianggap penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebuah vlog yang diunggah dalam akun meadia sosial instagram usaha makanan yang dibangun oleh influencer Arief Muhammad dengan menarik followesnya seingga bisa sampai ke khalayak yang dituju. Dalam analisis ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif terhadap teori media dan khalayak. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan terdapat strategi yang dilakukan oleh Arief Muhammad untuk menarik khalayak dalam mempromosikan bisnisnya, yaitu Padang Payakumbuah di dalam sosial media dengan menggunakan vlog yang berisikan grand opening rumah makan Padang Payakumbuah. Hal yang dilakukan dalam vlog tersebut menampilkan konten yang menarik berupa serangkaian acara sehingga bisa mendapatkan perhatian dari khalayak.


Full Text:

PDF

References


Annas, A. (2020). Pemanfaatan “vlog” sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan

maharah kalam bagi mahasiswa IAIN Kudus. Arabia, 12(2), 123-138.

Ardha, B. (2014). Social Media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Jurnal

Visi Komunikasi, 13(1), 105-120.

Cangara, H. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun@

Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1),

-41.

Fitriansyah, F. (2018). Efek komunikasi massa pada khalayak (studi deskriptif pengguna media

sosial dalam membentuk perilaku remaja. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana

Informatika, 18(2), 171-178.

Griffith, M., & Papacharissi, Z. (2010). Looking for you: An analysis of video blogs. First Monday.

Herna, H., Hiswanti, H., Hidayaturahmi, H., & Putri, A. A. (2019). Strategi komunikasi media sosial

untuk mendorong partisipasi khalayak pada situs online kitabisa. com. Jurnal Komunikasi

Pembangunan, 17(2), 146-156.

Lestari, Indah Beti., Dkk. (2021). Review Analysis Of Video Blogging, Ethnoscience And Social

Media Literacy In The Era Of The Industrial Revolution 4.0. Journal Of Natural Science

Teaching 4 (1), 33-49.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan konten media sosial korporat pada

instagram sebuah pusat perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9.

Reusi, A. P. (2019). Ekspresi Vlogger Melalui Media Vlog Di Kota Bandung (Studi Deskriptif

Kualitatif Ekspresi Vlogger Melalui Media Vlog Di Komunitas Youtube Creator

Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.