Male Gaze pada Iklan Garnier Men Versi ACNOFIGHT x IQBAL RAMADHAN

Raihan Nur Rizki, Osama Anshori, Dhoni Darmawan

Abstract


Iklan merupakan bentuk media yang mampu menyampaikan informasi terkait produk yang akan dipromosikan melalui iklan tersebut. Pesan yang terdapat dalam iklan merupakan pesan yang mempunyai sifat persuasif, sehingga pesan tersebut mempunyai tujuan untuk mempengaruhi pandangan pembaca. Terkait hal tersebut iklan yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah iklan Garnier Men versi “ACNOFIGHT x IQBAL RAMADHAN”, iklan ini dibuat pada tahun 2022 dan dipublikasikan pada tanggal 7 Juni. Iklan ini dibuat. Dalam tulisan ini akan membedah setiap visual yang ada dalam iklan tersebut, karena dalam iklan Garnier Men ini terdapat visual yang menggambarkan maskulinitas pada pria. Untuk melihat visual apa saja yang merepresentasikan makna maskulinitas pada pria menggunakan pendekatan
teori male gaze. Pemilihan pendekatan male gaze karena male gaze merupakan bentuk pendekatan secara fisik, disamping itu maskulinitas pada pria juga merepresentasikan fisik pada seorang pria. Hasil yang didapatkan pada pembedahan visual iklan Garnier terdapat temuan visual pria maskulin yang mempunyai paras yang tampan dan menggunakan pakaian berwarna hitam, disertai dengan penggambaran aktivitas fisik yang dilakukan seorang pria yaitu memiliki hobi otomotif. Seorang pria maskulin digambarkan sebagai pria yang memiliki paras yang tampan dan memiliki banyak aktivitas fisik. Pria maskulin merupakan pria yang mandiri dan pekerja keras.


Full Text:

PDF

References


Demartoto, A. (2010). Konsep maskulinitas dari jaman ke jaman dan Citranya dalam media.

Jurnal Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS Surakarta, 1-11.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Linggosiswojo, S. G. (2016). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Televisi Umild “Kode Cowo”.

Jurnal E-Komunikasi, 4(2).

Pangestu, A. D., & Arjo, T. R. (2022). PEMBUATAN MEDIA PROMOSI VIDEO IKLAN DENGAN

MENGGUNAKAN APLIKASI SONY VEGAS PRO UNTUK MENARIK MINAT BELI DI BU’E

KITCHEN SURABAYA. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 1-6.

Ramadhan, I. R. (2019). GAYA HIDUP MASYARKAT PERKOTAAN JAWA DALAM IKLAN MEDIA

CETAK (1930-1942). Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 2(2).

Sukisman, J. M., & Utami, L. S. S. (2021). Perlawanan Stigma Warna Kulit terhadap Standar

Kecantikan Perempuan Melalui Iklan. Koneksi, 5(1), 67-75.

Utama, J., & Swasty, W. (2018). Daya Tarik Visual sebagai Brand Recall Pada Iklan Televisi

(Studi Kasus: Iklan Mizone 2012 Versi € Œtiltâ€). Jurnal Bahasa Rupa, 2(1), 43-51.

Wulandari. W. E. (07 Desember 2021). The Power of Visual. Kemenkeu.go.id.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/14462/The-Power-of-

Visual.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.