Analisis Iklan Televisi Teh Pucuk Harum Segerin Dimana Aja

Muhamad Arya Assiddiq, Muhammad Fazryan, Muhammad Aprizal, Rachmatullah Erlangga

Abstract


Iklan merupakan salah satu cara untuk melakukan komunikasi non personal melalui
media untuk menyampaikan pesan kepada para konsumen. Iklan memiliki peranan yang
sangat penting dalam pemasaran, karena dengan iklan perusahaan mampu melakukan
komunikasi untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen
mengenai produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Iklan harus sering dilakukan dan
waktu penayangannya pun harus terbaik pada waktu yang tepat berdasarkan sasaran
konsumen yang dituju. Dengan pesan yang menarik, unik dan memiliki daya tarik
tertentu, sehinggga konsumen dapat memperhatikan, serta dapat mengetahui dan
mengingat produk serta terciptanya suatu kesadaran merk (brand awareness) (Nurhayati, 2012). Dalam pelaksanaan periklanan, perlu diperhatikan juga mengenai penggunaan media iklan. Media iklan terdiri dari media televisi, surat kabar dan majalah, media dalam jaringan, dan media luar ruang seperti papan reklame, billboard, baliho, poster, dan lain-lain.


Full Text:

PDF

References


Nurhayati, Eva. (2012). Pengaruh kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser erhadap

efektifitas

Firmansyah, M. Anang & Fatihudin, Didin. (2017). Globalisasi Pemasaran (Marketing

Globalization). Yogyakarta: Deepublish.

Andrianto, N. (2018). Pesan kreatif iklan televisi dalam Bulan Ramadan: Analisis

semiotika iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1)

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1)

Nasrullah, R. (2019). Teori dan riset khalayak media. Prenada Media.

Sidhartani, S. (2016). Literasi visual sebagai dasar pemaknaan dalam apresiasi dan proses

kreasi visual. Jurnal Desain, 3(03), 155-163.

Rohimah, iim. (2016). Kajian Simulakra dan Hiperrealitas dalam Iklan Mizone 2015.

Diakses pada 10 juli 2023 dari https://iimrohimah.com/simulakra-dan-

hiperrealitas-dalam-iklan-mizone.

Andika, D., & Darwis, D. (2020). Modifikasi Algoritma Gifshuffle Untuk Peningkatan

Kualitas Citra Pada Steganografi. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi,

(2), 19-23.

Batolu, D. F., & Bustam, M. R. (2022). ANALISIS VISUAL DAN VERBAL PADA

UNGGAHAN INSTAGRAM WORLD HEALTH ORGANIZATION (WHO).

MAHADAYA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(1), 25-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.