Analisis Teori Semiotika Rolland Barthes Pada Iklan Biskuat edisi #biskuatdukungmimpimu
Abstract
Iklan biskuat kali ini merupakan iklan biskuat yang berjudul “#BiskuatDukungMimpimu bersama Bang Aji menciptakan #GenerasiTiger di Biskuat Academy 2022!” yang menampilkan sebuah harapan besar terhadap cita-cita untuk menjadi pemain sepak bola, dalam iklan ini ada beberapa anak laki-laki yang sedang bermain sepak bola bertempat tinggal di sebuah permungkiman padat penduduk. Iklan biskuat kali ini yang membahas sebuah harapan beberapa anak laki laki yang bermain sepak bola dalam menggapai sebuah cita citanya yang memeperlihatkan perilaku Tangguh dan pantang menyerah dalam menggapai sebuah mimpinya seperti judul videonya yaitu
generasi tiger. Iklan ini menyampaikan pesan yang ditampilkan bahwa anak yang bertempat tinggal di gang sempit dan kurang nya fasilitas bermain bola juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menggapai cita citanya yang besar. Berdasarkan pernyataan diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian iklan ini dengan berjudul “#BiskuatDukungMimpimu bersama Bang Aji menciptakan #GenerasiTiger di Biskuat Academy 2022!”. Penelitian pada iklan Biskuat ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi yang dipresentasikan pada iklan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis teori semiotika dari Roland Barthes. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa sifat tanggung jawab , pantang menyerah, dan inginan yang kuat akan memudahkan kita dalam menggapai cita-cita.
Full Text:
PDFReferences
Febhimaesuri, Nuren dan Pratama, Reksa Pratama (2021). ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI
VISUAL PADA POSTER IKLAN “TEH PUCUK HARUM”, Jakarta, Visual Heritage: Jurnal
Kreasi Seni dan Budaya
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan,
Jakarta, PT. Indeks Gramedia
Mariyanto, T. (2014). Mitos sukses dalam iklan penidikan non formal.
Nyoman Kutha Ratna, Prof. Dr. 2010. Metode Penelitian, Kajian budaya dan ilmu sosial
humaniora pada umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tamara, J. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef. Journal of Education,
Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 726-733.
Try, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua terhadap Cita-
cita Anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 364-374
Permana, M. Z., & Lesthari, F. (2022). “Mengapa Hidup yang Abstrak Membuat Cita-Cita Lebih
Abstrak”(Gambaran Cita-Cita Mahasiswa di Fakultas Psikologi UNJANI). PSIKOLOGI
KONSELING, 20(1), 1377-1389.
Website Biskuat Academy : https://www.biskuatacademy.com/about-us
Youtube Biskuat Indonesia Official : https://www.youtube.com/watch?v=_AdmMQpOlWc
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.