Analisis Iklan Hilo Teen “Tumbuh Tinggi, Jangan Nanti Nanti" Terhadap Pandangan Laki-Laki

Muhammad Rindu Pratama, Andhika Dwi Safrianto, Rizki Dwi Cahya, Andres Abshy, Adjie Nur Riezki, Feri Nur Ariwobowo

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis Iklan Hilo Teen “Tumbuh Tinggi, Jangan Nanti
Nanti" Terhadap Pandangan Laki-Laki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode
pendekatan yang akan adalah pendekatan budaya visual yakni pandangan “male gaze”.
Male gaze adalah memandang laki-laki dari sudut pandang laki-laki itu sendiri. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa iklan Iklan Hilo Teen “Tumbuh Tinggi, Jangan Nanti
Nanti" menyajikan pandangan laki-laki berupa idealnya penampilan lelaki berbadan tinggi
dan rajin berolahraga, karena itu menjadi faktor penting bagi seorang laki-laki supaya
tampil percaya diri dan dapat menarik lawan jenisnya.


Full Text:

PDF

References


Riadi Muchlisin. (2020). Iklan dan Periklanan (Pengertian, Fungsi, Sifat, Jenis dan Daya Tarik).

Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2020/09/iklan-dan-periklanan-

pengertian-fungsi.html

Wardani, W.G.W. (2020). Makna Pandangan Atau Tatapan (The Gaze) Dalam Budaya Visual.

Diakses dari http://arti-kata.blogspot.com/2020/04/makna-pandangan-gaze-dalam-

budaya-visual.html

Loreck Janice. (2023). Apa yang dimaksud dengan ‘male gaze’ dan ‘female gaze’?. Diakses dari

https://theconversation.com/apa-yang-dimaksud-dengan-male-gaze-dan-female-gaze-

#:~:text=Male%20gaze%20mengacu%20pada%20politik,dari%20hasrat%20laki%

Dlaki%20heteroseksual

Safitri. (2022). The Male Gaze: Objektivikasi Perempuan yang Menghambat Pemberdayaan

Diri. Diakses dari https://radarjember.jawapos.com/opini/791110859/the-male-gaze-

objektivikasi-perempuan-yang-menghambat-pemberdayaan-diri

Pradana Nawfal. (2023). Definisi Desain Visual Adalah + Penjelasan Prinsip dan Jenisnya.

Diakses dari https://purwadhika.com/blog/definisi-desain-visual-adalah-penjelasan-

prinsip-dan-jenisnya

Yustika Gea. (2023). Filosofi Warna Biru: Makna serta Efek Psikologisnya. Diakses dari

https://www.orami.co.id/magazine/filosofi-warna-biru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.