Analisis Makna Pada Iklan Produk WRP

Ali Adi Aji, Chairul Fajar Maulana, Yohanes Deri Enggarsatyo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan makna yang ada pada bentuk tubuh
perempuan sehat yang diciptakan melalui sebuah iklan. Wacana iklan menjadi sangat
menarik untuk dikaji dengan menggunakan analisis wacana kritis karena iklan merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan suatu ideologi kepada masyarakat. Landasan teori yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif representatif. Metode ini difokuskan pada latar belakang dan individu tersebut secara menyeluruh, sehingga penelitian kualitatif juga berusaha untuk memahami proses terbentuknya makna dalam diri seseorang sehingga relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggambarkan secara menyeluruh tentang hasil dari iklan dan tanda-tanda iklan WRP yang menampilkan keindahan wanita pada tokoh utama iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis teks (deskripsi), analisis persepsi citra, dan analisis target khalayak, dan mitos yang tumbuh di benak masyarakat menunjukan bahwa iklan televisi WRP berupaya mengonstruksi ideologi, bahwa seorang perempuan dapat mendapatkan tubuh yang ideal dengan mengkonsumsu produk WRP yang membuat tubuh menjadi langsing walaupun tetap makan.


Full Text:

PDF

References


Cook, E. (1971). The flow of energy in an industrial society. Scientific America: a division of Nature

America, Inc.

Creswell, E. (2018). Brief mindfulness training for negative affectivity: A systematic review and

meta analysis.

Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London:

Longman.

Kridalaksana, H. d. (1999). Tata wacana deskriptif bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas

Indonesia.

Melliana, A. (2006). Menjelajah tubuh: perempuan dan mitos kecantikan.

Murwani, E. (2010). Konstruksi bentuk tubuh perempuan dalam iklan televisi jurnal ilmu

komunikasi. Vol. II, no.1. Universitas Multimedia Nusantara.

Pilliang, Y. (2004). Iklan, Informasi, atau Simulasi?: Konteks Sosial dan Kultural Iklan. MediaTor

(Jurnal Komunikasi), 5(1), 63-73.

Strauss, A. d. (1990). Basic of qualitaive research: Grounded theory procedure and techniques.

London : SAGE Publications.

Sugihastuti. (1999). Sastra dan perubahan sosial: Studi kasus saman karya ayu utami. Jogjakarta:

Universitas Gadjah Mada.

Turner, S. B. (2009). The body in asia. Berghahn Books.

Williamson, J. (2002). Meaning and ideology. London: SAGE Productions.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.