Representasi Makna "Berani Kotor Itu Baik" Pada Iklan Rinso

Arina Lestari, Amelia Chairunnisa Kosasi, Tasya Armuza Olivia

Abstract


Rinso terkenal dengan “Berani kotor itu baik” yang menjadi tagline dalam iklan pemasaran produk deterjen rinso. Rinso adalah pemimpin nomor satu di pasar deterjen di Indonesia, yang merupakan produk dari perusahaan unilever dan berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award selama 3 tahun berturut-turut yakni pada tahun 2003-2005. Rinso memberikan pengalaman terbaik mencuci untuk para ibu di Indonesia. Artikel ini akan membahas mengenai representasi makna pada tagline “berani kotor itu baik” yang dinilai cukup kuat sebagai strategi dalam membangun branding produk detergen rinso dengan pesan menarik bagi perkembangan dan karakter anak. Menyampaikan makna Pembelajaran yang berkaitan dengan aktivitas anak. Seperti bermain dengan menjelajah, mengeksplorasi, mempelajari, dan mendapatkan pengalaman terbaik tanpa perlu khawatir takut kotor. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode penelitian analisis kualitatif yaitu dengan mengkatagorikan obyek sebagai sebuah produk dari segi realitas, representasi dan ideology dalam bentuk data deskriptif berupa kata kata dari cuplikan iklan yang diamati, menghasilkan penjabaran makna dari merepresentasikan obyek budaya digital atau iklan televisi ini yang direkonstruksi melalui tanda-tanda yang menarik, baik secara verbal maupun nonverbal. Tujuan metode ini untuk memberikan pemaknaan citra yang timbul atas presepsi nilai positif pada masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Rahmawati, A. R. (2014). Analisis Bahasa Iklan Produk Sabun Rinso Sebagai Penguat Pendidikan

Karakter Anak (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Pradibto, P., Danu. (2006). KONSTRUKSI PENDIDIKAN SOCIAL DALAM IKLAN RINSO (ANALISIS

SEMIOTIC PADA IKLAN RINSO ANTI NODA DI TELEVISE VERSI PELAJAR BERMAIN SEPAK

BOLA). Jurnal Universitas of Muhammadiyah Malang.

Sampurna, A., Agustina, M., Marta, F. R. (2020). Menelisik pariwara rinso warna versi badut

dalam logika semiologi barthes, Jurnal komunikasi professional, (2), 159-175.

Sunawan. (2012). PESAN BAHASA DAN GAMBAR DALAM IKLAN MEDIA MASSA TELEVISI

LANGUAGE AND FICTURE MESSAGES IN THE MASS MEDIA TELEVISION ADVERTISING.

Jurnal Universitas Muhammadiyah Makkasar.

Utami, T. (2021). PESAN NILAI SOSIAL PADA IKLAN RINSO DI RCTI, Jurnal Hakim Universitas Islam

Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 8-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.