Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Mitos Iklan Teh Botol Sosro Berjudul Semeja Bersaudara
Abstract
Pada zaman globalisasi iklan merupakan salah satu kegiatan memasarkan produk atau jasa melalui media. Iklan merupakan saranan infomasi dari produsen ke konsumen guna meningkatkan penjualan produk dan jasa. Iklan juga merupakan pemasaran produk atau jasa yang sebagian besar atau semua perusahaan melakukannya. Iklan berguna untuk mempromosikan produk atau jasa yang di tawarkan. Iklan di anggap sebagai media yang paling efektif dalam menarik pelanggan atau calon konsumen. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika dari Roland Barthes. Menggunakan objek video iklan produk Teh botol Sosro yang berjudul “Semeja Bersaudara” yang dirilis pada tahun 2019. Teh botol sosro menggunakan judul “Semeja Bersaudara” untuk merepresentasikan hubungan yang erat, saling mendukung, serta saling memahami antar sesama yang menjadi bagian dari kelompok atau komunitas. Penulis akan mengkaji pada setiap scene yang terdapat pada iklan tersebut. Untuk mencapai tujuan pokok yaitu mencari konotatif, denotatif, dan mitos yang terkandung didalamnya. Masalah dalam penelitian adalah mencari konotatif, denotatif, dan mitos serta menganalisis nya menggunakan pendekatan dari Roland Barthes.
Full Text:
PDFReferences
James, S.R. (2008). Mengapa Harus Iklan. 4 (2). Diakses dari
https://doi.org/10.26593/jab.v4i2.1724.%p
Syah, R. (2019). PENGARUH JINGLE DAN TAGLINE IKLAN TEH BOTOL SOSRO TERHADAP BRAND
AWARENESS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIH RIAU.
Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses dari http://repository.uin-
suska.ac.id/25220/1/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20V.pdf
Lukitaningsih, A. (2013 Oktober). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI
PEMASARAN. Yogyakarta: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 13 (2), 116-129. Diakses
dari
http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=115195&val=5259&t
itle=IKLAN%20YANG%20EFEKTIF%20SEBAGAI%20STRATEGI%20KOM
UNIKASI%20PEMASARAN
Kusuma, K.N.P., Nurhayati. K.I. (2017 April). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND
BARTHES PADA RITUAL OTONAN DI BALI. Jurnal Manajemen Komunikasi. 1
, 195-217. Diakses dari
http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1061352&val=15903
&title=ANALISIS%20SEMIOTIKA%20ROLAND%20BARTHES%20PADA%2
RITUAL%20OTONAN%20DI%20BALI
Somantri, R.G. (Desember 2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. Makara Sosial
Humaniora. 2 [9], 57-65. Diakses dari https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.