Analisis Iklan TV “Djarum 76” menggunakan Semiotika Ferdinand De Saussure

Nabilah Nur Aprilyana, Muhammad Iqbal Soerjanto, Rizky Febrianto, Muhammad Yazid Al Hakan, Safrie Ramadhan

Abstract


Periklanan adalah bentuk media, komunikasi impersonal yang memungkinkan bisnis, lembaga non-komersial, dan individu yang berkepentingan untuk membayar ruang yang digunakan media untuk menyampaikan pesan persuasif kepada konsumen. Pembatasan iklan rokok diatur dalam PP09/2012. Menurut dia, pada bungkus rokok seharusnya terdapat peringatan kesehatan berupa gambar dan tulisan. Ini setidaknya 10% dari total waktu iklan atau 15% dari ruang iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Ferdinan de Saussure. Bahasa dalam Iklan Rokok Djarum 2012 (Jin Contest) Iklan rokok memang unik dan inovatif. Produsen tembakau tidak bisa serta merta menampilkan produk tembakaunya, sehingga harus berpikir kreatif dan mempromosikan produknya sebaik mungkin. Itulah mengapa sangat menarik untuk mempelajari iklan rokok. Salah satu hal yang menarik adalah iklan rokok. Iklan tersebut menjelaskan bahwa cara penanganan korupsi di Indonesia mulai membaik. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan deskripsi kualitatif dari pendekatan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Karena semiotika pada dasarnya adalah tentang menemukan makna dari suatu objek, maka dengan menggunakan analisis semiotik merupakan langkah yang baik dalam menganalisis simbol, lambang dan bahasa visual.


Full Text:

PDF

References


Bisri, A. K. (2020). Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure Pada Iklan Rokok ClassMild (Act Now)

Tahun 2013 Di Youtube. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi,1, 40–52.

http://jimcom.unram.ac.id/index.php/jimakom/article/view/8

Fatmala, A. (2022). PENGARUH REVIEW PRODUK DAN IKLAN SEBAGAIMEDIA PEMASARAN

TERHADAP MINAT KONSUMEN PADASCARLETT WHITENING. GEMAH

RIPAH: Jurnal Bisnis, 02(01), 1–

http://journal.unika.ac.id/index.php/tuturrupa/article/view/2987

Kartiko, R. A., & Pramonojati, T. A. (2019). Analisis Semiotika Pada Iklan BukalapakVersi

Sumpah Pemuda 28 Oktober. e-Proceeding of Management :, 2(2), 5337–

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/art

icle/view/10597

Sudibyo, R. H. (2018). PENGARUH TERPAAN IKLAN ROKOK TERHADAPMINAT BELI

KONSUMEN ROKOK (STUDI KASUS PADA MAHASISWAFAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA) [UniversitasIslam Indonesia]. In Universitas

Islam Indonesia (Vol. 3, Nomor 2).http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-

Khitabah/article/view/4713

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.