Female Gaze Pada Iklan Garnier sakura white whip Foam x Chelsea Islan
Abstract
Iklan menjadi salah satu komoditi utama yang menjadi jembatan bagi kaum produsen
untuk menjajah dan menguasai pola pikir konsumen. Berbagai cara menempuh oleh
produsen agar produknya lari manis di pasaran. Mulai dari menggunakan aktris kenamaan dalam iklan agar produk terbaik dan berkualitas. Dalam penelitian ini menggunakan pola pendeketan dengan menggunakan kualitatif dengan model analisis wacana kritis Fairclough. Jenis ini menggunakan penelitian adalah deskriptif. Di data dalam produk garnier sakura white whip foam wash berupa gambar iklan produk kecantikan yang di peroleh dari pemilihan di media internet. Instrument penelitian ini adalah penelitian sendiri dan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mencatatkan dan pengamatan dari hasil penelitian untuk menemukan bahwa iklan ini merupakan salah satu alat yang akan di gunakan oleh produsen dalam menaawarkan produknya sendiri, sehingga mendapatkan informasi mengenai produk yang akan cepat sampai dan agar mudah di ingat oleh konsumen. Iklan ini bertujuan untuk menginspirasi dan menyakinkan para konsumen potensial tentang manfaatkan produk ini, untuk mengabungkan ekstrak bunga sakura yang untuk mencerahkan kulit dari kandungan vitamin C yang untuk membantu menghilangkan noda hitam, garnier ini berusaha menjangkau target audiens wanita untuk peduli dengan kecantikan dan merawat kulit mereka. Iklan ini di buat oleh produser pada tahun 2019 dengan di bintangi atau di iklankan oleh Chelsea islan.
Full Text:
PDFReferences
https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/17753
Kecantikan Ideal. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 23(4), 312–323. Qonaah, S., &
Munanjar, A. (2021). Konstruksi Sosial Media Massa Pada Iklan Lux Versi “Botanicals All-in-One
Magical.” JIka, 8(2), 107–114.
https://doi.org/10.31294/kom.v8i2.10622 Ramadhani, M. (2017). Hubungan Body Image
Dengan Kepercayaan Diri Peserta Didik Putri di MTs Muhammadiyah Lakitan Kabupaten Pesisir
Selatan. 8.5.2017. Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand
Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree.
Konstruksi Warna Kulit Perempuan Indonesia Oposisi Biner Terkait Warna Kulit Perempuan :
Kulit Putih dan Kulit Gelap ( Berwarna ). 1994. Sari, W. P. (2015). Konflik Budaya Dalam
Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia
(Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal
Komunikasi, 7(2), 198–206. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/18
Saussure, F. de. (1993). Pengantar Linguistik Umum. Gadjah Mada University Press. Setiawan,
B. W. (2020).
http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_komposisi/article/view/122 Kholqiana, A.,
Fauzianin, Q., & Azzahra, S. T. (2020). Representasi Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan
Wardah. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12023
Jurnal Psikologi, 11(2), 143–152. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2259 Hackley, C.
(2014). Introducing Advertising and Promotion. Advertising and Promotion: Communicating
Brands, 1–24. https://doi.org/10.4135/9781446278789.n1 Hall, S. (1997). Representation-
STUART HALL.pdf (pp. 1–109). SAGE Publications Ltd. Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017).
Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri.
King, A. (2004). The prisoner of gender: Foucault and the disciplining of the female body.
Journal of International Women’s Studies, 5(2), 29–39. Leeuwen, T. van. (2008). Discourse and
Practice. Oxford University Press, Inc. Markplus.inc. (2020).
Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.Winarni Wahyu, R. (2010). Representasi Kecantikan
Perempuan Dalam Iklan. Deiksis, 2(2), 134–152. Wolf, N. (2002). The beauty myth: how images
of beauty are used against women.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.