Analisis Iklan CLEAR & CLEAN Natural Bright Face Wash versi “Mine Mine Mine”
Abstract
Kecantikan pada perempuan bukan lagi menjadi hal yang relatif, melainkan sudah menjadi hal yang universal. Hal ini disebabkan adanya standar-standar kecantikan seperti cantik itu harus berkulit putih yang diciptakan sebagian besar media, baik media cetak, elektronik, maupun media online. Salah satu media elektronik yang ikut mengkonstruksi kecantikan perempuan adalah iklan produk kecantikan Clean & Clear Natural Bright Face Wash Versi ‘Mine Mine Mine’. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan
mendeskripsikan dengan jelas pesan atau makna tersembunyi dari objek yang dikaji.
Setelah itu, dipaparkan menggunakan pendekatan analisis mengunakan metode Semiotika menurut Roland Barthes, yang menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif akan mengkaji tentang tiap tanda yang ada pada setiap scene dalam iklan CLEAN & CLEAR Natural Bright Face Wash versi “Mine Mine Mine”.
Full Text:
PDFReferences
C Barthes, Roland. (1968). Elements Of Semiology. Ardiansyah, M. Yogyakarta: BASABASI.
Clean & Clear Indonesia. 2018. CLEAN & CLEAR® Natural Bright face wash “Mine Mine Mine”.
Youtube. Diakses pada 09/06/2021 : https://youtu.be/H7LfIwiWJ-U
Hidayanti, Nurul. 2018. Representasi kecantikan dalam iklan Clean & Clear Natural Bright Face
Wash versi “Mine Mine Mine” di Media Televisi (Analisis Semiotik Charles Sanders
Pierce). Koleksi Digital UIN Sunan Ampel : Jawa Timur
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok
Gramedia.
Kristian Erdianto. 2016. Perempuan Indonesia Masih dalam Belenggu Diskriminasi.
Kompas.com. Diakses pada 09/06/2021 :
https://nasional.kompas.com/read/2016/08/21/16192911/perempuan.indonesia.masih.
dalam.belenggu.diskriminasi
TS Media. 2023. AURELIE MOEREMANS PUNYA RAHASIA!!️ LUNA MAYA MINTA SPILL
RAHASIANYA. | TS Talks Eps 222. Youtube. Diakses pada 09/06/2021 :
https://youtu.be/kKYXBFvCPCA
Adi Sulistyo Nugroho. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.
Kotler, Philip (2009), Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.
Rahmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Creswell, J.W. 2014. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan
Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.