Analisis Fenomena Giveaway Pada Instagram

Henni Ramadanti, Herdi Adji Prasetyo, MRamdan Hanafih

Abstract


Penelitian ini membahas fenomena giveaway Instagram sebagai metode promosi yang
populer di era modern. Giveaway di Instagram telah menjadi cara yang efektif bagi
pengguna individu dan merek untuk memperluas jangkauan, meningkatkan interaksi, dan membangun keterlibatan dengan komunitas mereka. Artikel ini mengadopsi pendekatan analisis budaya visual untuk memahami makna simbolik yang terkandung dalam giveaway Instagram. Melalui analisis budaya visual, penelitian ini menemukan beberapa tanda-tanda khas dalam giveaway Instagram, termasuk penggunaan kata-kata tertentu, gambar atau foto produk, hashtag, dan pesan promosi. Kata-kata seperti "giveaway," "contest," atau "undian" menjadi tanda yang menunjukkan adanya hadiah menarik yang dapat dimenangkan. Gambar atau foto produk digunakan untuk membangkitkan minat dan keinginan pengguna. Hashtag khusus digunakan untuk membangun kesadaran dan mempromosikan giveaway kepada audiens yang lebih luas. Pesan promosi menyampaikan informasi tentang cara berpartisipasi, persyaratan, dan manfaat yang diharapkan. Analisis ini juga mengungkapkan bahwa giveaway Instagram melibatkan pandangan (gaze) dari pengguna, merek atau akun pengguna, dan audiens. Selain itu, giveaway Instagram melibatkan simulasi dan simulakra dalam menciptakan citra-citra yang menggantikan realitas asli. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana giveaway Instagram menjadi bagian dari budaya visual yang lebih luas.


Full Text:

PDF

References


Barthes, R. (1964). Elements of Semiology. Hill and Wang.

Berger, J. (1972). Ways of Seeing. Penguin Books.

Manovich, L. (2001). The Language of New Media. MIT Press.

Awwaabiin, S. (2023). Giveaway: Strategi marketing kekinian buat memikat pelanggan.

Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/giveaway-adalah/

Friska. (2022). Giveaway: Pengertian, Tips, dan Dampaknya pada Perkembangan Bisnismu.

KoinWorks. https://koinworks.com/blog/giveaway-adalah/

Rahman, S. N. (2021, January 12). 100++ kata-kata promosi giveaway untuk menarik pelanggan.

https://bussines.co.id/kata-kata-promosi-giveaway/

Patria, R. (2022). Giveaway adalah Strategi Menyenangkan Pelanggan, Begini Caranya! -

DomaiNesia. DomaiNesia. https://www.domainesia.com/berita/giveaway-adalah/

Dijck, J. V., Poell, T., & Waal, M. D. (2018). The Platform Society: Public Values in a Connective

World. Oxford University Press.

Ini, B. H. (2021, September 9). Pengertian Giveaway dan Tips Mengadakannya di Media Sosial.

Kumparan. https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-giveaway-dan-tips-

mengadakannya-di-media-sosial-1wUmF8FPHja/full

Hearn, A., & Schoenhoff, S. (2016). The Instagram Aesthetic: Cultural Transformation and Social

Media in Fashion Branding. Fashion Theory: The Journal of Dress, Body & Culture, 20(2),

-162.

Khamis, S., Ang, L., & Welling, R. (2017). Self-branding, ‘micro-celebrity’and the rise of social

media influencers. Celebrity Studies, 8(2), 191-208.

Manovich, L. (2011). Trending: The Promises and the Challenges of Big Social Data. In Gold, M.,

Smith, J. H., & Rozas, D. (Eds.), Debates in the Digital Humanities (pp. 460-475). University

of Minnesota Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.