Analisis Pandangan Terhadap Iklan KFC “Jagonya Ayam” Melalui Teori Semiotika

Fakhri Ramadhan, Yoga Putra Minata, Muhammad Bintang, Prisma Pati Alam

Abstract


Iklan sebagai salah satu media marketing public relations yang kini banyak diminati.
Kelebihan memasarkan product melalui iklan di televisi adalah mampu menjaring dan
mengantarkan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang menyaksikan. Selain itu, iklan dianggap cukup efektif karena memiliki unsur visual dan audio visual. Istilah
advertising itu sendiri datang dari kata kerja bahasa latin “advertere” yang berarti
mengarahkan perhatian seseorang. Dari analisis semiotika Charles Sanders Peirce dalam
iklan kampanye calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Bengkulu tahun 2015 dapat di simpulkan bahwa: Lima iklan kampanye tersebut memiliki sign/tanda yang sangat banyak berupa audio visual tokoh pasangan calon, pemuka adat, masyarakat, benda benda, geografi. Memiliki object yang bisa di lihat dan di dengar dengan panca indera berupa gambar dan suara.


Full Text:

PDF

References


Mahmudah, R. A., & Sutrisna, E. (2018). Pengaruh iklan dan citra merek terhadap

minat beli konsumen pada KFC Metropolitan City Pekanbaru. Jurnal Online

Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), 1-12.

Dewi, M. C. (2013). Representasi pakaian muslimah dalam iklan (analisis semiotika

charles sanders peirce pada iklan kosmetik wardah di tabloid nova) (Doctoral

dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Wijayanto, F. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap

Loyalitas Pelanggan KFC/Fredy Wijayanto/22150309/Pembimbing: Bilson

Simamora.

ZAINIYYATUR ROFIQOH, A. I. N. I. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

EFEKTIFITAS IKLAN DALAM MENUMBUHKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada

Iklan Produk KFC di Kota Jember).

Suherdiana, D. (2008). Konsep Dasar Semiotika dalam Komunikasi Massa menurut

Charles Sanders Pierce. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic

Studies, 4(12), 371-407.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.