Analisa Teori Simulakra Dan Simulasi Poster Coca Cola Versi Brrr

Muhammad Rifki Pribadi, Friman Hidayat, Ari Setiawan, Haura shafa azzahra, Arri Putra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa poster coca cola versi “brr” menggunakan teori simulakra dan simulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan pendekatan pada analisa simulasi dan simuklara Jean Baudrillard. Yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui makna apa saja yang terdapat pada poster coca cola versi brr merujuk pada konsep tentang hilangnya perbedaan antara realitas dan representasi. Tata cara ini membolehkan kita buat menggali arti serta simbol yang tercantum dalam poster tersebut, dan menguasai bagaimana simbol- simbol tersebut digunakan buat membentuk representasi serta kenyataan terpaut merk Coca- Cola. Poster Coca- Cola versi" Brrr" menghasilkan simulasi lewat pemakaian isyarat visual yang kokoh serta relevan dengan kampanye pemasaran mereka. Melalui foto botol dan gelas Coca- Cola, warna biru serta putih,
logo Coca- Cola, dan slogan" Brrr", poster tersebut merangkul simbol- simbol yang berhubungan dengan kesegaran, rasa dingin, serta kenikmatan dari minuman Coca- Cola. Pemakaian isyarat visual ini membentuk representasi simulasi dari merangkul simbol- simbol yang berhubungan dengan kesegaran, rasa dingin, serta kenikmatan dari minuman Coca- Cola. Pemakaian isyarat visual ini membentuk representasi simulasi dari minuman tersebut, yang membagikan kesan kepada pemirsa tentang sensasi fresh serta mengasyikkan yang bisa mereka miliki dengan membeli serta komsumsi minuman Coca- Cola.


Full Text:

PDF

References


Peracchio, L. C., & Ruth, J. A. (2013). The Impact of Visual Design Elements in Outdoor

Advertising.

Baudrillard, J. (1994). Simulacra and Simulation (S. F. Glaser (ed.)). Ann Arbor The University of

Michigan Press.

Prameswari, N. S. (2020). Tinjauan Histori pada Gaya Visual Iklan Cetak Coca-Cola. Citradirga-

Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 2(02), 24-37.

Pendit, I. K. D. (2019). Strategi promosi melalui media desain poster dalam pencitraan publik.

Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 7(2), 192-210.

Safitri Yuniar, D. (2009). Studi Gaya Desain Kampanye Coca Cola The Cake Side Of Life Tahun

(Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Subandi, S. (2011). Deskripsi kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertunjukan.

Harmonia journal of arts research and education, 11(2), 62082.

Chaney. 1996. Lifestyle: Sebuah Pengantar Komprehensif. Edited by Nuraeni. Yogyakarta:

Jalasutra.

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard dalam Dunia Komunikasi

Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247-260.

Ali, Muhammad. (1982). Penelitian Pendidikan prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa

Sumartono, S., & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan.

Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(1).

Mardani, A. (2013). Konsekuensi-Konsekuensi Modernitas: Perubahan Perilaku Konsumsi dan

Kontestasi Tanda di Dunia Maya. Jurnal Sosiologi.

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard dalam Dunia Komunikasi

Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247-260.

Adgully Bureau. (2011). Imran Khan to show "Brrrrr' expression; Coca-Cola launches "Brrrrr'

campaign. https://www.adgully.com/imran-khan-to-show-brrrrr-expression-coca-cola-

launches-brrrrr-campaign-45976.html

Jihad, A., & PENERBITAN, J. T. G. (2021). Perancangan Poster Interaktif Sebagai Media Promosi

Breaktime Cafe.

Jainudin, Z. Z. (2008). Pemaknaan visualisasi pd poster ad coca cola coke side of life (Studi

semiotika pada poster ad coca cola coke side of life versi love nature and sport)

(Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.