Analisis Mengenai Fenomena “Distracted Boyfriend Meme”

Dimas Miftahul Hud, Ryan Afrizal, Rafly Dwi Sudrajat, Robby Yuliansyah, Syahrul Maulana

Abstract


Meme ‘Distracted Boyfriend' adalah meme internet yang berasal dari stok foto pada tahun 2015 oleh seorang fotografer bernama Antonio Guillem. Para pengguna media sosial mulai menggunakan foto tersebut pada awal 2017 sebagai meme, dan pada Agustus 2017 menjadi viral sebagai cara untuk menggambarkan berbagai tindakan tidak setia. Meme ini juga telah dihasilkan dalam berbagai bentuk yang dibuat oleh penggemar serta mendapatkan banyak pujian dari para kritikus Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mengacu pada berbagai litteratur terkait dengan meme ‘Distracted Boyfriend’. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena meme "Distracted Boyfriend" dari perspektif teori hiperrealitas. Teori hiperrealitas Jean Baudrillard digunakan sebagai kerangka teoritis untuk memahami bagaimana meme ini mencerminkan realitas yang direproduksi secara berlebihan dan mengaburkan batas antara realitas dan representasi. Hasil penelitian ini menunjukan meme Distracted Boyfriend memperlihatkan gambaran nyata tentang kondisi sosial dan perilaku manusia dalam era digital ini. Meme ini juga menciptakan suatu realitas yang melampaui representasi asli gambar tersebut dan mempengaruhi persepsi dan interaksi pengguna media sosial.


Full Text:

PDF

References


Ane, Dhery. 2023, Januari 24. Jean Baudillard: Simulakra dan Hipperrealitas Masyarakat

Postmodern. LSF Discourse. Diakses dari https://lsfdiscourse.org/jean-baudrillard-

simulakra-dan-hiperrealitas-masyarakat-postmodern/

Barrett, Brian. 2017, Agustus 28. The ‘Distracted Boyfriend’ Meme’s Photographer Explains

All. Wired. Diakses dari https://www.wired.com/story/distracted-boyfriend-meme-

photographer-interview/

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna.

Yogyakarta: Jalasutra.

Luthfi, A. (25 Februari 2015). Asal Usul Fenomena Meme Internet. Okezone.com.

http://techno.okezone.com/read/2015/02/24/207/1110093/asal-usul-fenomena-meme-internet,

diakses 21 Juni 2023.

Brunello, J. (2012). Internet-memes and everyday-creativity: Agency, sociability and the

aesthetics of postmodernism. Thesis. University of California, Los Angeles, United States of

America.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.