Analisis Khalayak Pada Youtuber Food Vlogger Ria SW Tahun 2018
Abstract
Ria SW merupakan food vlogger asal Indonesia yang aktif di media sosial. Ria SW
memanfaatkan channel Youtube sebagai tempat menyalurkan segala hobi dan aktifitasnya selama menjelajahi kuliner di berbagai negara. Ria SW juga menggunakan channel Youtube untuk membangun citranya sebagai food vlogger. Hal ini begitu efektif dilakukan, terutama saat ini Youtube sangat diminati banyak orang. Melalui channel ini Ria SW membagikan video perjalanannya selama diluar negeri. Video di channel miliknya yang sempat trending yaitu berjudul Untitled, 2017 yang menceritakan tentang perjalanannya di Korea Selatan dan mengunjungi café milik anggota Boy Band Big Bang bernama G;Dragon yang merupakan idola dari Ria SW. Penelitian ini menggunakan analisis khalayak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Subjek dari penelitian ini adalah channel Youtube Ria SW. tujuan dari penelitian adalah
mengungkap citra pada channel Youtube food vlogger Ria SW berjudul Untitled. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ria SW memanfaatkan media sosial terutama Youtube untuk pembentukan citranya dan citra yang ditampilkan Ria SW sebagai seorang food vlogger di Indonesia yang gemar travelling ke berbagai negara untuk mencicipi jenis makanan yang belum pernah dicoba dan memperkenalkannya kepada penonton serta memberikan kesan yang inspiratif serta konsisten terhadap ciri khasnya dengan memberikan review yang menarik dan dapat dipercaya, unik, dan sosok food vlogger yang berkualitas.
Full Text:
PDFReferences
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta..
Sari, S. D. P. (2016). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (information and communication
technology) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional
Teknologi Pendidikan.
Yusi Kamhar, M. & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Inteligensi. Jurnal Ilmu
Pendidikan, 1(2), 1-7.
David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap
pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas
sam ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
Effendy, R., Wulandari, PA, Setiyaningsih, LA, & Mariani, A. (2021). Mengglobalkan Makanan
Tradisional Lewat Media Sosial Youtube sebagai Budaya Tandingan (Studi Food Vlogger
Nex Carlos sebagai Media Promosi Kuliner Lokal). Jurnal Nomosleca , 7 (1), 148-159.
Sosiawan, E. A., & Wibowo, R. (2019). Model dan Pola Computer Mediated Communication
Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual. Jurnal Ilmu Komunikasi,
(2), 147-157.
Malikha, A. F., & Wirawanda, Y. (2022). Analisis Resepsi terhadap Romantisme pada Vlog
Youtube (Studi Analisis Resepsi Vlog Youtube “Isti Ve Musab” pada Penonton Perempuan)
(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Putlia, G., & Thioanda, N. N. (2020). Munculnya Digital Influencer Merubah Perilaku Konsumen
Pada Promosi Produk, Pemilihan Produk, dan Keputusan Pembelian Generasi Milenial:
Studi Pada Akun YouTube Ria SW. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 39-
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh influencer social media terhadap keputusan
pembelian konsumen generasi z di kota surabaya. Jurnal Sosial Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu
Sosial, 20(2), 51-59.
Yousaf, S. (2022). Food vlogger dan interaksi parasosial: studi banding food vlog lokal dan asing
menggunakan paradigma SOR. Jurnal Internasional Manajemen Perhotelan Kontemporer
HASTIKA, A. N. (2020). Opini Remaja Mengenai Personal Branding Food Vlogger Ria Sukma
Wijaya (RIA SW) Melalui media Youtube (Studi Analisis Resepsi Stuart Hall) (Doctoral
dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Sosiawan, E. A., & Wibowo, R. (2019). Model dan Pola Computer Mediated Communication
Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual. Jurnal Ilmu Komunikasi,
(2), 147-157.
Rahma, R. Y. (2022). Publikasi dan Promosi Kuliner Food Vlogger di Media Sosial. CARAKA:
Indonesia Journal of Communication, 3(2), 68-75.
Fatma, S. A. (2019). Estetika Motion graphic dalam Tayangan Youtube Food Vlogger Ria SW,
Episode “Taipei Streetfood in Jakarta”(Teori AAM Djelantik)
liputan6.com. 2021. 7 jenis-jenis video di youtube, lengkap cara membuat channel dan upload,
[online], (https://www.liputan6.com/hot/read/4584087/7-jenis-jenis-video-di-youtube-
lengkap-cara-membuat-channel-dan-upload, diakses tanggal 17 Juni 2021)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.