Semiotika Komunikasi Visual Sistem Pemaknaan Iklan Rokok U Mild Versi Sepanjang Jalan Kenangan
Abstract
Iklan adalah media massa yang berfungsi untuk menawarkan dan mempromosikan produk. Iklan harus memiliki massage yang dapat dipahami konsumen sehingga dapat mengenal produk tersebut. Visual sedang hingga mengkomunikasikan pesan iklan dan lebih efektif daripada iklan melalui suara. Komunikasi visual membuat produk dapat menjangkau konsumen lebih luas karena konsumen dapat melihat produk yang ditawarkan. ringan adalah produk rokok di Indonesia. U upaya ringan untuk menjangkau konsumen dengan menghadirkan iklan di televisi. Semiotik adalah ilmu yang erat kaitannya dengan komunikasi sebuah iklan. Secara semiotic terdapat sistem makna yang dapat digunakan untuk mengkaji komunikasi suatu iklan pijat. Sistem makna dapat menggambarkan komunikasi visual yang disampaikan dalam sebuah iklan hal ini adalah bagaimana sistem pemaknaan iklan rokok U mild “Sepanjang Jalan versi Kenangan".
Full Text:
PDFReferences
Kemal, I. (2013). Makna Kontekstual Bahasa Iklan Rokok di Televisi. Visipena, 4(1), 1-20.
Danesi, Marcel. 2002. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.
Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumartono. Terperangkap Dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. 2002.
Bandung: Alfabeta
Tinarbuko, Sumbo. Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra: Yogyakarta Ultimart:
Jurnal Ilmu dan Desain Vol. III. 2011. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara
Husna, I., & Hero, E. (2022). Analisis Semiotika Ferdinand De Sausures Makna
Pesan Iklan Rokok A Mild Versi Langkah. Journal of Discourse and Media Research, 1(01),
-59.
Hareyah, Y. (2017). Representasi Maskulinitas pada Iklan Cetak (Analisa Semiotika
Iklan Rokok Djarum Black). Communicare: Journal of Communication Studies, 4(2), 1-26.
Wibowo, R. S. A., & Nasution, B. (2016). Analisis Semiotika Iklan Rokok U Mild Versi Tiap
Luka Punya Cerita (Doctoral dissertation, Riau University).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.