Analisis Makna Visual Terhadap Film Joker Dengan Menggunakan Teori Encoding-Decoding

Tino Amin Wasetyo, Wildhan Rian Safrudin, Yusuf Taruna Mulyana, Farhan Fadillah, Ammar Faqih Diyanto Putra

Abstract


Film adalah jenis seni yang dibuat dengan pemutaran gambar bergerak berurutan.
Biasanya, gambar hidup dibuat dengan mempertemukan gambar bergerak, suara, teks, dan efek khusus untuk menciptakan cerita atau arahan yang ingin disampaikan untuk penonton. Film "Joker" adalah sebuah film drama kriminal psikologis yang dirilis pada tahun 2019. Film ini disutradarai oleh Todd Phillips serta dibintangi oleh Joaquin Phoenix dalam kiprah primer menjadi Arthur Fleck, yang kemudian menjadi karakter Joker yang ikonik pada alam semesta Batman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna visual yg terdapat pada film Joker. Penelitian ini memakai teori Analisis Resepsi Encoding- Decoding oleh Stuart Hall untuk melihat makna visual pada film joker tersebut yang bisa ditinjau dengan indra penglihatan (mata) serta direspons oleh otak. Makna visual biasanya berupa gambar, simbol, warna, gerak, atau bentuk yang memiliki pesan atau informasi tertentu. dan hasil dari pembahasan untuk memberitahu Bahwa Joker ialah seseorang korban dari masyarakat yg tidak peduli, tidak adil, serta tidak berperikemanusiaan. 


Full Text:

PDF

References


Agisa, M. A., Lubis, F. O., & Poerana, A. F. (2021). Analisis semiotika Roland Barthes mengenai

pseudobulbar affect dalam film Joker. ProTVF, 5(1), 39-56.

Adriyana, L., & Darumoyo, K. (2018). Persepsi followers@ perpuseru terhadap akun instagram

PerpuSeru menggunakan teori decoding-encoding. Jurnal Kajian Informasi &

Perpustakaan, 6(2), 197-212.

Nuryadi, R. M. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM JOKER “SEMIOTIC ANALYSIS OF FILM

JOKER (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).

Brantakesuma, G. T. T., Nurhayati, I. K., & Prasetio, A. (2017). Analisis Semiotika Pemaknaan

Lelucon Satire The Joker Pada Buku Novel Grafis Batman: The Killing Joke. eProceedings

of Management, 4(3).

Madhona, R. H. (2022). Representasi Emosional Joker Sebagai Korban kekerasan Dalam Film

Joker 2019 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Soetomo Communication And

Humanities, 3(1), 1-13.

Wibisono, G. (2019). HIDUP ADALAH KOMEDI: ANALISIS FILSAFAT EKSISTENSIALISME PADA

TEKS FILM ‘JOKER’. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 3(2), 69-78.

William, W., & Winduwati, S. (2021). Representasi kekerasan non fisik pada film joker (analisis

semiotika Ferdinand de Saussure). Koneksi, 5(1), 127-132.

Prasetya, A. B. (2023). Penonjolan Tokoh Antagonis dalam Film The Dark Knight (Studi Semiotik

Tokoh Joker dalam Film The Dark Knight). Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 2(2), 23-30.

Rizqyafi, R. F. (2023). REPRESENTASI MAKNA KARAKTER PROTAGONIS DAN ANTAGONIS PADA

TOKOH JOKER DALAM FILM JOKER 2019 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS

PEIRCE) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Huda, A. S., & Nafsika, S. S. “JOKER”: Etetika Visual Karakter Film. IRAMA: JURNAL SENI DESAIN

DAN PEMBELAJARANNYA, 4(2), 5-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.