Analisis Makna Visual Terhadap Film Joker Dengan Menggunakan Teori Encoding-Decoding
Abstract
Film adalah jenis seni yang dibuat dengan pemutaran gambar bergerak berurutan.
Biasanya, gambar hidup dibuat dengan mempertemukan gambar bergerak, suara, teks, dan efek khusus untuk menciptakan cerita atau arahan yang ingin disampaikan untuk penonton. Film "Joker" adalah sebuah film drama kriminal psikologis yang dirilis pada tahun 2019. Film ini disutradarai oleh Todd Phillips serta dibintangi oleh Joaquin Phoenix dalam kiprah primer menjadi Arthur Fleck, yang kemudian menjadi karakter Joker yang ikonik pada alam semesta Batman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna visual yg terdapat pada film Joker. Penelitian ini memakai teori Analisis Resepsi Encoding- Decoding oleh Stuart Hall untuk melihat makna visual pada film joker tersebut yang bisa ditinjau dengan indra penglihatan (mata) serta direspons oleh otak. Makna visual biasanya berupa gambar, simbol, warna, gerak, atau bentuk yang memiliki pesan atau informasi tertentu. dan hasil dari pembahasan untuk memberitahu Bahwa Joker ialah seseorang korban dari masyarakat yg tidak peduli, tidak adil, serta tidak berperikemanusiaan.
Full Text:
PDFReferences
Agisa, M. A., Lubis, F. O., & Poerana, A. F. (2021). Analisis semiotika Roland Barthes mengenai
pseudobulbar affect dalam film Joker. ProTVF, 5(1), 39-56.
Adriyana, L., & Darumoyo, K. (2018). Persepsi followers@ perpuseru terhadap akun instagram
PerpuSeru menggunakan teori decoding-encoding. Jurnal Kajian Informasi &
Perpustakaan, 6(2), 197-212.
Nuryadi, R. M. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM JOKER “SEMIOTIC ANALYSIS OF FILM
JOKER (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Brantakesuma, G. T. T., Nurhayati, I. K., & Prasetio, A. (2017). Analisis Semiotika Pemaknaan
Lelucon Satire The Joker Pada Buku Novel Grafis Batman: The Killing Joke. eProceedings
of Management, 4(3).
Madhona, R. H. (2022). Representasi Emosional Joker Sebagai Korban kekerasan Dalam Film
Joker 2019 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Soetomo Communication And
Humanities, 3(1), 1-13.
Wibisono, G. (2019). HIDUP ADALAH KOMEDI: ANALISIS FILSAFAT EKSISTENSIALISME PADA
TEKS FILM ‘JOKER’. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 3(2), 69-78.
William, W., & Winduwati, S. (2021). Representasi kekerasan non fisik pada film joker (analisis
semiotika Ferdinand de Saussure). Koneksi, 5(1), 127-132.
Prasetya, A. B. (2023). Penonjolan Tokoh Antagonis dalam Film The Dark Knight (Studi Semiotik
Tokoh Joker dalam Film The Dark Knight). Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 2(2), 23-30.
Rizqyafi, R. F. (2023). REPRESENTASI MAKNA KARAKTER PROTAGONIS DAN ANTAGONIS PADA
TOKOH JOKER DALAM FILM JOKER 2019 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS
PEIRCE) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Huda, A. S., & Nafsika, S. S. “JOKER”: Etetika Visual Karakter Film. IRAMA: JURNAL SENI DESAIN
DAN PEMBELAJARANNYA, 4(2), 5-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.