Analisis Ilustrasi Meme COVID-19
Abstract
Artikel ini menganalisis ilustrasi meme terkait pandemi Covid-19 menggunakan
pendekatan budaya visual. Fokus penelitian adalah pada pesan, makna, dan narasi yang
terdapat dalam ilustrasi tersebut. Analisis visualitas melibatkan elemen-elemen seperti
warna, komposisi, simbol, dan ekspresi wajah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pesan utama dan memahami makna di balik ilustrasi meme terkait Covid-19. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memahami narasi yang berkembang di ruang internet berdasarkan ilustrasi meme yang dianalisis. Meme sebagai bentuk komunikasi viral dapat memengaruhi pandangan masyarakat di platform digital. Melalui analisis mendalam, artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana ilustrasi meme mempengaruhi persepsi dan respons terhadap pandemi Covid-19. Analisis budaya visual pada ilustrasi meme pandemi Covid-19 memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pesan, makna, dan narasi yang terkandung dalam ilustrasi tersebut. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami peran budaya visual dalam menyampaikan pesan dan membentuk narasi di ranah siber selama pandemi Covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Rahmi Surya. (2017). ‘Meme’ Sebagai Sebuah Pesan Dan Bentuk Hiperrealitas Di Media
Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi – MediaKom, 1(1).
https://fikom.gunadarma.ac.id/mediakom/index.php/mediakom/article/view/2
Dewi, Rahmi Surya. (2019). Kreator Meme Dan Konstruksi Makna Meme Politik Di Media
Sosial. Jurnal Komunikasi Global, 8(1). https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13332
Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Diambil kembali
dari Kompas: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-
pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all
Juditha, C. (2015). Meme di Media Sosial: Analisis Semiotik Meme Haji Lulung. Jurnal
Pekommas, 18(2), 105–116. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180204
Widiastuti,, Anindita., Ismail, Muhammad Richard., Iswanto, Alya Zahrani.(2020). Analisis
Semiotika Meme ‘Profesi Yang Tidak Dapat Work From Home’ Selama Pandemi Covid-19.
Jurnal Komunikasi Semiotika, 14(1). http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v14i1.2193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.