Analisis Ilustrasi Meme COVID-19

Niky Putri, Frifolisa Trinindia Halimatus, Rosmawati Anggraeni

Abstract


Artikel ini menganalisis ilustrasi meme terkait pandemi Covid-19 menggunakan
pendekatan budaya visual. Fokus penelitian adalah pada pesan, makna, dan narasi yang
terdapat dalam ilustrasi tersebut. Analisis visualitas melibatkan elemen-elemen seperti
warna, komposisi, simbol, dan ekspresi wajah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pesan utama dan memahami makna di balik ilustrasi meme terkait Covid-19. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memahami narasi yang berkembang di ruang internet berdasarkan ilustrasi meme yang dianalisis. Meme sebagai bentuk komunikasi viral dapat memengaruhi pandangan masyarakat di platform digital. Melalui analisis mendalam, artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana ilustrasi meme mempengaruhi persepsi dan respons terhadap pandemi Covid-19. Analisis budaya visual pada ilustrasi meme pandemi Covid-19 memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pesan, makna, dan narasi yang terkandung dalam ilustrasi tersebut. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami peran budaya visual dalam menyampaikan pesan dan  membentuk narasi di ranah siber selama pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Dewi, Rahmi Surya. (2017). ‘Meme’ Sebagai Sebuah Pesan Dan Bentuk Hiperrealitas Di Media

Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi – MediaKom, 1(1).

https://fikom.gunadarma.ac.id/mediakom/index.php/mediakom/article/view/2

Dewi, Rahmi Surya. (2019). Kreator Meme Dan Konstruksi Makna Meme Politik Di Media

Sosial. Jurnal Komunikasi Global, 8(1). https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13332

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Diambil kembali

dari Kompas: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-

pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all

Juditha, C. (2015). Meme di Media Sosial: Analisis Semiotik Meme Haji Lulung. Jurnal

Pekommas, 18(2), 105–116. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180204

Widiastuti,, Anindita., Ismail, Muhammad Richard., Iswanto, Alya Zahrani.(2020). Analisis

Semiotika Meme ‘Profesi Yang Tidak Dapat Work From Home’ Selama Pandemi Covid-19.

Jurnal Komunikasi Semiotika, 14(1). http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v14i1.2193


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.