Analisis Pandangan Terhadap Citra Iklan Tri “Ubah Dengan Bicara, Versi Ibu” Melalui Teori The Female Gaze

Januar Dwi Putera, Tryan Muhammad Syafti, Dessy Dessy, Farhan Putra Ramadhan, Muhammad Ridho

Abstract


Iklan merupakan bentuk pengemasan informasi dalam proses komunikasi yang disebarkan secara luas yang bertujuan untuk menarik minat dan pengaruh audiens melalui sebuah platform media tertentu. Salah satunya yaitu Iklan yang berjudul “Ubah Dengan Bicara, Versi Ibu” yang merupakan iklan yang ditayangkan oleh Provider Tri dalam mempromosikan produknya, yang ditayangkan pada tahun 2015 yang berdurasi 1 menit. Iklan tersebut membangun citra positif didalamnya. Citra yang dibangun melalui visualnya juga membangun penilaian di masyarakat mengenai sosok wanita, bahwa sebenarnya sosok wanita adalah sosok yang kuat dan sabar secara emosional, yang mana penilaian tersebut membuang paradigma di masyarakat mengenai realitas dari sosok wanita yang dinilai sebagai sosok yang lebih lemah dari laki-laki. Citra tersebut bertujuan supaya dapat menggiring pikiran, pandangan audien melalui makna pesan iklan yang di citrakannya. Proses terbangunnya citra tersebut tercipta dari pandangan perempuan dalam mengartikan makna visual yang ditangkap melalui penglihatan secara medalam yang dapat menciptakan perpektif penilian, yang mana proses tersebut disebut sebagai teori The Female Gaze.


Full Text:

PDF

References


Amilia.D.L., (2021, Maret 8). Tentang Perempuan yang Dipandang Lemah. Kompas Online,

Diakses Dari https://www.kompas.com/

Cahyani.A.N, Dkk., (2020). Analisis Tatapan Terhadap Citra Iklan Kecap ABC “Suami Sejati Mau

Masak, Terimakasih Kecap ABC”. Budaya Visual Universitas Indraprasta PGRI, Vol.1

Hartanto.D.D, (1999). Peranan Keyword (Kata Kunci) Dalam Iklan. NIRMANA: Journal Design

Petra, Vol.1(2). Hal 79-94

Priambodo.R, (2017). Analisis Makna Denotasi dan Konotasi Dalam Iklan BukaLapak Pada Serial

Youtube “Medok Pendekar Jari Sakti”. Paradigma:Jurnal Masalah Sosial, Politik, Dan

Kebijakan, Vol.21(2). Hal 110-127

Susanto.E.H, (2014). Dinamika Pesan Iklan. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara,

Vol.6(2). Hal 1-9

Utami.T.Y.D., (2021, Agustus 22). Female Gaze Menciptakan Kesetaraan Gender Dalam Film Apa

Itu?. Kompas Online, Diakses Dari https://www.kompas.com/

Wardani.W.G.W., (2020, April 19). Makna Pandangan Atau Tatapan (The Gaze) Dalam

Budaya Visual. Artikata blogspot. Diakses Dari http://arti-kata.blogspot.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.