Analisa Teori the Gaze Pada Billboard Iklan Rokok Sampoerna A Mild

Rayhan Naufal, Raka Ferdiansyah, Abu Khadafi, Deaneri Viosa

Abstract


Dalam era modern yang dipenuhi dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan
populasi yang pesat, iklan billboard tetap menjadi salah satu bentuk pemasaran yang
sangat efektif. Iklan billboard telah menjadi elemen penting dalam pemandangan
perkotaan dan pedesaan di seluruh dunia. Dengan iklan yang kreatif, Sampoerna A Mild membangun citra produknya walau hanya menampilkan animasi gambar, kaligrafi dan adegan tanpa menampilkan produk. Pesan Sampoerna A Mild melalui tampilan iklan ternyata mampu dilihat masyarakat dengan baik dan difahami bahkan mengakar dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang iklan billboard dan signifikansinya dalam industri periklanan saat ini. Melalui analisis komprehensif tentang berbagai aspek yang terkait dengan iklan billboard, penelitian ini berharap dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana billboard berperan sebagai sarana komunikasi yang efektif antara merek dan konsumen. penelitian ini akan membahas sejarah dan evolusi iklan billboard, dimulai dari awal munculnya media ini hingga perkembangannya yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang iklan billboard dari rokok Sampoerna tersebut. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menganalisis fenomena kompleks dan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang persepsi, pengalaman, dan makna yang terkait dengan iklan billboard.


Full Text:

PDF

References


UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021 Perpustakaan Universitas Jember,

http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10021.

Brabeck, M. and Brown, L. (with Christian, L., Espin, O., Hare-Mustin, R., Kaplan,A., Kaschak, E.,

Miller, D., Phillips, E., Ferns, T., and Van Ormer, A.) (1997). 'Feminist theory and psychological

practice', in J. Worell and N. Johnson (eds.)

Made Arini Hanindharputri dan A.A. Sagung Intan Pradnyanita(2018). ELEMEN VISUAL SEBAGAI

PEMBENTUK KEKUATAN LOGO Bali: Senada STD.

https://bursadesain.com/logo-a-mild-huruf-a-yang-penuh-makna/

Kovac, J. R., Khanna, A., & Lipshultz, L. I. (2015). The effects of cigarette smoking on male

fertility. Postgraduate medicine, 127(3), 338–341.

https://doi.org/10.1080/00325481.2015.1015928

Dwi Wulandari - January 8, (2015). Ketika Iklan A Mild Mengabaikan Human insight dan Social

insight. https://mix.co.id/marcomm/brand-communication/branding/ketika-iklan-mild-

mengabaikan-human-insight-dan-social-insight/

Husna, I., & Heru, E. (2022). Analisis Semiotika Ferdinand De Sausures Makna Pesan Iklan

Rokok A Mild Versi Langkah, 44-59.

Shofaa, F., & Utami, M, A. (2017). Menyingkap Makna dan Tanda Dalam Iklan Rokok A-Mild

Versi “Hasrat”: Sebuah Kajian Semiotika.

Patterson, M., & Elliott,R. (2010) Negotiating Masculinities: Advertising and the Inversion of

the Male Gaze.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.