Dampak Hiperrealitas Pada Iklan Audio Visual Indomie Ramen

Muhammad Kahfi, Muhammad Akmal, Dewi Choirunnisa, Rina Meidiana, Siti Nurlelah

Abstract


Dalam rangka untuk menciptakan pengalaman yang lebih autentik dan menarik, PT
Indofood Tbk menggunakan konsep hiperrealitas dalam pengembangan produk ini.
Hiperrealitas merupakan istilah untuk menjelaskan bagaimana realitas dapat dibuat oleh individu secara luas dan terang-terangan (Baudrillard, 1981). Dengan indomie yang beraneka rasa, maka PT. Indofood mengeluarkan varian yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat dalam maupun luar negeri yaitu ramen. Sebab dengan adanya varian isi ramen membuat konsumen merasakan sensasi yang dapat dinikmati dengan praktis, karena mie yang diciptakan oleh PT. Indofood sangat disukai oleh kalangan masyarakat. Tujuannya adalah untuk menunjukkan gambaran, fakta, serta hubungan terhadap fenomena yang diselidiki untuk mengeksplorasi penerapan teori hiperealitas dalam Indomie Ramen Series. teori hiperrealitas digunakan untuk menjelaskan terkait citra yang dihasilkan dari media tidak lagi mewakilkan suatu hal yang nyata melainkan menciptakan realitas baru yang lebih menarik sehingga
terciptalah daya tarik konsumen dengan realitas baru sesuai imajinasi mereka. Indomie Ramen Series memiliki tiga varian, yaitu ramen kuah shoyu yang memiliki kemasan berwarna coklat, ramen goreng takoyaki yang memiliki kemasan berwarna ungu dan ramen kuah tori miso yang memiliki kemasan berwarna merah.


Full Text:

PDF

References


Keren, K., & Sulistiono, S. 2019. Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319-324.

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna.

Yogyakarta : Jalasutra.

Fitria, Herlinda. 2015. Hiperrealitas Dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cantik Di Senopati

Pada Masyarakat Perkotaan).

Jean, Baudrillard. 1981. Simulacra and Simulation. United State of Amerika: The University of

Michigan Press.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander

Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.