Representasi Budaya Pada iklan Teh Pucuk Harum

Reza Rivaldi, Muhammad Nurul Fadillah, Wisnu Arya Bima

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada iklan poster Teh Pucuk Harum, Teh Pucuk Harum merupakan minuman produksi dari perusahaan PT Mayora Indah Tbk. Dalam sebuah poster sendiri terdapat bahasa visual yang mengandung makna di setiap unsur-unsur grafisnya, inilah yang nantinya akan dianalisis. Komunikasi visual mempunyai signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna Komunikasi visual terutama iklan harus dibuat secara multi aspek dan multidimensi untuk mendapatkan perhatian dan respons positif dari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis prinsip dasar, unsur visual, serta makna yang terkandung dalam iklan Teh Pucuk Harum. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan hasil penelitian dan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data. Kemudian peneliti untuk menganalisis satu per satu unsur grafis yang ada pada iklan poster Teh Pucuk Harum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna iklan sesungguhnya dalam iklan Teh Pucuk Harum ini yaitu menumbuhkan rasa alami dan mengembalikan kesegaran diri setelah mengkonsumsi Teh Pucuk Harum.


Full Text:

PDF

References


Budiman, K. (2004). Semiotika Visual. Buku Baik : Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Chaer, A. (2002). Pembakuan Bahasa Indonesia . Jakarta: Rineka Cipta.

Danesi, M. (2010). Pesan, tanda, dan makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Dillistone, F. (2002). The power of symbols. Yogyakarta: Kanisius

Fill, Chris. (1999). Marketing Communication, Contexts, Contents and Strategies. Singapore:

Prectice Hall.

J Jefkins, Frank, (1997), Periklanan. Erlangga, Jakarta.

Moloeng, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta: Badan penerbit ISI.

Purnama, L. (2001). Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sudiana, D. (2001). Tipografi: Sebuah pengantar Dendi Sudiana. Mediator: Jurnal Komunikasi,

(2), 325-335


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.