Citra dalam Serial TV Stranger Things

Teofilus Nathanael, Nurul Izzah, Karlina Rizqi Lestari, Dhea Febriyanti, Yuli Yanto

Abstract


Serial televisi adalah program televisi dengan beberapa episode yang membentuk cerita yang lebih panjang. Genre serial TV bervariasi, termasuk drama, komedi, fiksi ilmiah, fantasi, aksi, kejahatan, dan dokumenter. Serial TV selain menghibur ternyata dapat mempengaruhi pandangan masyarakat dengan mudah, bahkan tidak jarang masyarakat tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka sudah termakan oleh citra dan simulakra. Citra sendiri tidak hanya tentang visual atau estetika semata, tetapi juga mencakup keyakinan, gagasan, dan kesan yang diperoleh seseorang terhadap suatu
objek. Salah satu serial yang banyak disukai oleh banyak orang, yaitu ada Stranger Things yang memiliki genre fiksi ilmiah hadir dalam 4 season. Dengan menggunakan metode deskriptif analisis Upside Down dapat dikatakan sebagai simulakra yang paling mencolok dalam Stranger Things. Monster Demogorgon adalah simbol simulakra dalam Stranger Things. Monster ini merupakan makhluk yang berasal dari Upside Down dan berfungsi sebagai ancaman utama dalam cerita. Terdapat penyamaran beberapa karakter dalam Stranger Things yaitu dengan menggunakan identitas palsu, sehingga menciptakan simulasi dari diri mereka yang sebenarnya.


Full Text:

PDF

References


Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif,

Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama, 89.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak

Publisher), 7.

Arianti , R. D. (2022, juli 05). Stranger Things 4 Jadi Series Terpopuler dan PecahkanRekor

Streaming. Diakses dari https://www.kompas.com

Arnheim, R. (1977). Visual thinking. Berkeley, Calif: University of CaliforniaPress.Green,

Budiskj. (2023, februari 12). Serial TV dan Seri Web dalam Gaya Hidup, pengertian,

perbedaan. Diakses dari https://shorturl.at/gkltu

Furdausi , A. (2023, januari 23). Pilih Film di Netflix Ketahui Perbedaan Series danSerial.

Diakses dari https://seleb.tempo.co

Irwandi, E., Sabana, S., Kusmara, A. R., & Sanjaya, T. (2020). RESPON WARGA TERHADAP

PERUBAHAN VISUAL DAN PERWUJUDAN IDENTITAS PEMUKIMAN WONOSARI MENJADI

KAMPUNG PELANGI SEMARANG.

ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 187-203.

Kaparang, O. M. (2013). Analisa gaya hidup remaja dalam mengimitasi budaya pop Koreamelalui

televisi. Acta Diurna Komunikasi, 2(2).

Khafid, S. (2019, juli 30). Mengenal Karakter dalam Serial Netflix Stranger Things. Diakses dari

https://tirto.id/mengenal-karakter-dalam-serial-netflix-stranger- things-efj2

Lingga, M. S. (2022). Representation Nostalgia on Film Dilan 1990. Titik Imaji, 5(1). Mujaddid, A.

(2015, juni 05). Menjamurnya Serial Televisi, Bagai Candu Telenovela.

Diakses dari https://www.kapanlagi.com

Mulyono, M. A. (2019). Simulasi Alat Penjaring Ikan Otomatis Dengan Penggerak Motor Servo

Continuous, Sensor Jarak Hc-Sr04 Dan Tombol, Menggunakan Arduino Mega. E-Bisnis:

Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 39-48.

Sa’ud, Udin Syaefudiin (2005). Pengertian Metode Simulasi”. Dari :

[http://lenterakecil.com/pengertian-metode-simulasi/]. Diakses tanggal 21 Juni 2023.

Syavina, D. (2023). Analisis Hibriditas dengan Elemen Formula Genre Drama dan Game Show

dalam Program “High School Girl Mystery Club” Season Satu (Doctoral dissertation,

Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Wibisono, A. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Kementerian Keuangan Republik

Indonesia. Dari: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/.Diakses tanggal

Juni 2023.

Winarso, B. (2021, juni 10). Baru Tahu dengan Netflix? Yuk Coba Kenali Lebih Dalam.

Diakses dari https://dailysocial.id/post/apa-itu-netflix

Www.kompasiana.com. (2023). Teori Simulacra: Jean Baudrillard; Tokoh Filsafat Kece!. Diakses

pada Selasa/11 Juli 2023 pukul 01:22 WIB.

https://www.kompasiana.com/sitiaminatunk_004/62a0c1cebb4486227b1fda72/teori-

simulacra-jean-baudrillard-tokoh-filsafat-kece.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.