Mitos Keharmonisan Keluarga Pada Iklan “Coca-Cola Rasakan Keajaiban Saat Makan Bersama”
Abstract
Iklan merupakan bagian yang tidak bisa dihindarkan pada keseharian manusia. Iklan
ditayangkan pada banyak media yang tersebar di banyak tempat yang berbeda, Iklan
memiliki pengaruh besar terhadap keseharian manusia. Penelitian ini meneliti tentang
mitos yang terdapat pada iklan Coca-Cola dengan menggunakan pendekatan melalui
Semiotika Roland Barthes. Secara psikologis yang mengkaji hubungan antara visual melalui nilai-nilai tanda, konsep semiotika yang dikaitkan dengan emosional dan interpretasi seseorang terhadap visualisasinya. Masalah dalam penelitian ini adalah mengkaji mengenai fungsi utama iklan Coca-Cola dalam membentuk gagasan serta membuat mitos di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah Kajian ini ditujukan untuk memahami lebih dalam bagaimana iklan Coca-Cola dapat mengkodekan makna dan nilai-nilai sosial sebagai sesuatu yang dianggap alamiah dalam menciptakan mitos sosial di tinjau dari analisis Roland Bathes. Penelitian ini memberikan kesimpulan makna pada mitos iklan Coca-Cola bahwa representasi kebersamaan dan keharmonisan antar anggota keluarga dalam pembuatan iklan tidak hanya semata-mata untuk menceritakan keharmonisan namun juga sebagai upaya untuk meningkatkan bisnis Coca-Cola yang secara tidak langsung akan meningkatkan nilai jual produk.
Full Text:
PDFReferences
Suyanto, Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat
Postmodernisme. Jakarta: Kencana.
Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia., Yogyakarta,
Penerbit Andi.
Candra, D., & Alfatih, A. (2019). REPRESENTASI MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN
TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN CLEAN & CLEAR NATURAL
BRIGHT FACE WASH “MINE MINE MINE”). Dalam KAGHAS: Jurnal Ilmu Komunikasi
Universitas Sriwijaya, Vol. 1, Nomor 2.
Diantirta, B., & Puteri, Y. (2017). ANALISIS SEMIOTIK PADA IKLAN-IKLAN AQUA DI MEDIA
TELEVISI. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, Vol. 4 No. 1, 160–176.
Studi, P. S., & Jacky, M. (2014). Mitos dan Kritik Dalam Iklan 3 MITOS DAN KRITIK DALAM IKLAN
(Analisis Semiologi Roland Barthes terhadap Mitos Kritis Iklan 3 Indie+) Tri Mariyanto.
Paradigma, Vol. 2 No. 3.
Utomo, I. W. (2017). MITOS KEBEBASAN WANITA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND
BARTHES PADA IKLAN 3 / TRI VERSI KEBEBASAN WANITA DI TELEVISI ). Jurnal Komunikasi,
Vol. VIII No. 2, 19–23.
Wicaksono, A. R., & Fitriyani, A. H. D. (2021). ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES PADA IKLAN
TELEVISI PERTAMINA EDISI RAMADAN 1442 H. Jurnal Penelitian Seni Budaya, Vol. 13 No. 2,
–164.
Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier
Sakura White dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi
Informasi, 14(1), 93-119.
Muhammad, H. KONSTRUKSI MITOS DAN IDEOLOGI DALAM TEKS IKLAN KOMERSIAL TELEVISI,
SUATU ANALISIS SEMIOLOGI.Muhammad, H. KONSTRUKSI MITOS DAN IDEOLOGI DALAM
TEKS IKLAN KOMERSIAL TELEVISI, SUATU ANALISIS SEMIOLOGI.
Gladwell, M. (2002). Tipping point: bagaimana hal-hal kecil berhasil membuat perubahan besar.
Gramedia Pustaka Utama.
Hasyim, M. (2014). Konstruksi Mitos dan Ideologi dalam Teks Iklan Komersial Televisi: Suatu
Analisis Semiologi. Disertasi. Makassar: Program Pascarajana Universitas Hasanuddin.
Muhammad, H. KONSTRUKSI MITOS DAN IDEOLOGI DALAM TEKS IKLAN KOMERSIAL TELEVISI,
SUATU ANALISIS SEMIOLOGI.
Zazuli, M. (2016). Hypno Leadership (Expanded Version). Elex Media Komputindo.
Harliantara, H., & Andi, R. (2013). Radio is Sound Only Panduan Mengelola Radio di Era Digital.
Afdjani, H., & Soemirat, S. (2014). Makna Iklan Minuman di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1),
-65.
Ardhianto, P., & Kurniawan, M. (2016). STRATEGI IKLAN PRODUK MINUMAN COCA-COLA DI
INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENGUATKAN CITRA. Jurnal Widya
Sosiopolitika, 7(2), 91-106.
Jamil, A., Briandana, R., Marta, R. F., & Putri, Y. M. A. (2021). Representasi Perdamaian dan
Harmoni: Analisis Semiotika pada Iklan YouTube. JURNAL SIMBOLIKA Research and
Learning in Communication Study, 7(2), 125-140.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.