Analisis Iklan Energen Edisi Ramadhan Menggunakan Teori Mitos

Abdu Arya Syahba, Muhammad Reza Fachrudin, Rizki Irawan, Widya Putri

Abstract


Periklanan berfungsi sebagai media yang digunakan oleh perusahaan dengan tujuan
mengingatkan, membujuk, dan memberikan informasi kepada masyarakat. Selain itu, iklan juga menjadi sarana untuk memperkenalkan produk baru, khususnya kepada target konsumen yang bersangkutan. Salah satu contoh iklan adalah kampanye pemasaran untuk mempromosikan minuman Energen kepada masyarakat. Energen merupakan produk minuman berenergi yang dikemas dalam bentuk bubuk kakao dengan tambahan nutrisi dan gizi. Dalam iklan ini fokus diberikan pada manfaat dan keunggulan produk Energen dalam menyediakan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Pesan yang diusung oleh iklan Energen adalah minuman ini merupakan sumber energi yang praktis dan nikmat, membantu konsumen menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik. Iklan ini juga mengandung nutrisi yang terkandung dalam Energen, seperti vitamin, mineral, dan protein yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan tubuh. Melalui iklan ini, Energen mencoba mengkomunikasikan bahwa produknya dapat memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup, terutama dalam situasi sibuk dan padat. Iklan ini sering menampilkan adegan dimana konsumen mengkonsumsi Energen dan merasakan peningkatan energi dan semangat untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Dengan pendekatan yang kreatif dan atraktif, iklan Energen bertujuan untuk membangun citra positif produk dan mendorong masyarakat untuk memilih Energen sebagai minuman pendamping mereka dalam menjalani kehidupan yang aktif dan produktif.


Full Text:

PDF

References


Energen. (2023). Situs web resmi Energen. Diakses pada 20 Juni 2023, dari

https://www.energen.com/

Hakim, C.. (2016, Juni 16). Kode Morse THR. Kompas Online. Diakses dari

http://www.kompas.com

Johnson, B. & Christensen, Larry. (2012). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and

Mixed Approaches (4th ed). London: SAGE Publication Ltd.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2011). Peraturan Mendiknas tentang Satuan

Pengawasan Internal (Permendiknas Nomor 47 tahun 2011). Jakarta: Penulis.

Kim, C., Mirusmonov, M., Lee, I. (2010). An Empirical Examination of Factors Influencing the

Intention to Use Mobile Payment. Computers in Human Behavior, 26 (1), 310‐322.

Young, R.F. (2007). Crossing Boundaries in Urban Ecology (Doctoral Dissertation). Tersedia dari

Proquest Dissertation & Theses Database.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.