Pemalsuan dan Pencurian dalam Seni : Analisis Male Gaze dalam Film Mencuri Raden Saleh
Abstract
Film Mencuri Raden Saleh yang dirilis pada tahun 2022 mengisahkan enam anak muda yang mencuri lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh yang disimpan di Istana Presiden. Artikel ini membahas analisis Male Gaze dalam film ini, yang menunjukkan kecenderungan film ini dalam menonjolkan tokoh-tokoh pria dan pandangan pria terhadap perempuan. Meskipun terdapat tokoh perempuan yang kuat dalam film ini, namun pandangan pria tetap mendominasi. Selain itu, artikel ini
juga membahas bagaimana film ini menggambarkan kehidupan masyarakat yang terjebak dalam lingkaran kemiskinan dan kebutuhan akan uang, sehingga mereka terpaksa melakukan tindakan kriminal. Film ini menempatkan motif pencurian tidak hanya sebagai aksi kriminal, tetapi juga sebagai perlawanan terhadap sistem yang mengopresi rakyat.
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, S. (2021). ANALISIS PENERAPAN TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MEMBANGUN KESAN
TRAUMA PADA FILM “KUCUMBU TUBUH INDAHKU” . e-Proceeding of Art & Design, 738.
Azizah, N. (2019, september 26). Bekraf: Film Indonesia Tumbuh Pesat. Retrieved from Republika.co.id:
https://www.republika.co.id/berita/pye9ux463/bekraf-film-indonesia-tumbuh-pesat
Brown, B. (2012). Cinematography : theory and practice : image making for cinematographers and
directors. Los Angeles: Taylor & Francis Ltd.
INDOZONE.ID. (2022, Agustus 28). Mengenal Genre Heist atau Caper Story, Perencanaan Aksi Kriminal
Jadi Pakem Utama. Retrieved from INDOZONE.ID: https://www.indozone.id/movie/Z8s40OZ/mengenal-
genre-heist-atau-caper-story-perencanaan-aksi-kriminal-jadi-pakem-utama/read-all
Ismail, J. Jenis-Jenis Cut Dalam Editing Film. Retrieved from Studio Antelope:
https://studioantelope.com/jenis-jenis-cut-dalam-editing-film/.diakses pada 4 September 2022.
Pictures V. (2022, Agustus 28). BLUEPRINT: MAKING OF MENCURI RADEN SALEH | FILM MENCURI
RADEN SALEH SEDANG TAYANG DI BIOSKOP (VIDEO).Diunggah oleh Visinema
pictures:https://www.youtube.com/watch?v=O3O5s9kRZA0
Semedhi, B. (2011). SInematogarfi-Videografi Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia.
Supingah, I. (2022, Maret 30). Minimnya Media Dinilai Jadi Permasalahan Sineas Muda Untuk Berkarya.
Retrieved from Suarasurabaya.net: https://www.suarasurabaya.net/senggang/2022/minimnya-media-
dinilai-jadi-permasalahan-sineas-muda-untuk-berkarya/
Suyanto, M. (2010). Cinematografi OF Oscar Winners And Box Office. Andi.
Trianto, T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Graha Ilmu.
UTAMI, N. (2021). ANALISIS UNSUR SINEMATOGRAFI DALAM. Riau: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN
SYARIF KASIM.
Zakaria Syahputra, T. S. (2020). ANALISIS TEKNIK 5’C CINEMATOGRAPHY. Jurnal FSD, 1.
Zoebazary, M. I. (2010). Kamus Istilah Televisi dan Film. Gramedia Pustaka Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.