Representasi Budaya Digital Pada Iklan Televisi Kecap Bango Edisi " Kelezatan Jajan Legendaris"

Ilham Fahressa Ahmad, Fakhri Mulya Akmal, Alit Andri Baskoro

Abstract


Iklan TV Kecap Bango: dengan klausa "Karena rasa tidak bohong" Klausa ini
sudah ada sejak tahun 2001. Kecap Bango hadir sebagai kecap yang terbuat dari
kacang kedelai hitam berkualitas tinggi. Kecap Bango memiliki 3 varian rasa
yaitu manis, ringan dan pedas Kecap produksi PT Unilever Indonesia ini
mempunyai arti dari merek produk ini berarti produk kecap Bango bisa terbang
tinggi ke luar negeri, seperti halnya burung Bango bisa bermigrasi. Merek Bango
masuk pasar indonesia pada tahun 1928 dan merek Kecap Bango dimana
produknya memiliki citra yang kuat memperkuat citra cita rasa pada makanan
dan harapan orang lain terhadap Kecap Bango. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menjelaskan citra yang dibangun oleh produk Kecap Bango dalam iklan
televisi, yang dapat menimbulkan minat konsumen khususnya ibu rumah tangga,
penjual makan, dan juru masak, dalam meningkatkan citra rasa makanan
olahannya menggunakan Kecap Bango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif agar penelitidapat mendeskripkan dengan jelas tanda- tanda pada iklan Kecap Bango Dan diperlukan pengamatan yang cermat untuk menganalisis suatu objek atau fenomena. apa yang ada di iklan Kecap Bango edisi “kelezatan jajan legendaris”


Full Text:

PDF

References


Afkar, Zakial. (2014). Efektifitas Iklan Kecap Bango Di Televisi Dengan Menggunakan

Consumer Decision Model Dalam Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Kota

Beureunuen

Apriani, Ayu. (2011). Citra kebudayaan Indonesia pada iklan kecap Bango (2011) di

Indonesia dan iklan ketjap Mmanis Conimex (2007) di Belanda

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Offset,

Bandung Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mix

Method. Depok. PT Raja Grafindo.

Meiryani, (12 agustus 2021). Memahami Perbedaan Analisis Kualitatif Dan Kuantitatif

Dalam Penelitian Ilmiah

Maria Fitriah.( 2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual

Putri, Hamada Novita. (2022). 8 jenis citra dalam siaran televisi beserta penjelasannya

Sulistianingsih. (12 agustus 2021) Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Brand Image

Terhadap Brand Awareness Kecap Bango

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta

Bandung,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.