Analisis Teori Mitos Roland Barthes pada Iklan Gojek " Segala Kebutuhanmu "

Abdurrasyid Abdurrasyid, Adam Ilham Firdaus, Budi Prasetyo, Maalikal Mulky

Abstract


Di era digital yang selalu nerkembang, iklan promosi telah mengalami transformasi yang signifikan dari bentuk tradisional ke bentuk digital yang lebih inovatif. Di era digital, iklan promosi telah berkembang menjadi sarana branding yang sangat efektif, meningkatkan kesadaran konsumen dan mempengaruhi keputusan pembelian. Berkat berbagai platform media seperti televisi, radio, cetak, dan terutama Internet, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas daripada sebelumnya. iklan promosi yang berhasil mencapai tujuan tersebut adalah iklan promosi Gojek. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang bertujuan untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial secara mendalam melalui interpretasi dan analisis data yang berkualitas. Dalam hasil analisis yang dilakukan peneliti untuk mengungkap mitos-mitos yang terkandung dalam “Gojek”: Segala Kebutuhanmu”, disimpulkan bahwa advertising adalah salah satu cara untuk mempromosikan Gojek ke masyarakat akar rumput. Gojek bisa menjadi solusi dari berbagai permasalahan, gaya hidup konsumen dan berbagai kekhawatiran yang muncul. Wajah orang lain menjadikan background video promosi tersebut. Dalam iklan "Gojek": Segala Kebutuhanmu" menghadirkan setiap scene yang menjelaskan secara detail bagaimana layanan ojek online yang berbeda merupakan solusi dari permasalahan yang berbeda. Gocar, Gojek, Gomart,
Goclub dan Gosend.


Full Text:

PDF

References


P. Wibisono. & Y. Sari. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FILM BINTANG

KETJIL KARYA WIM UMBOH DAN MISBACH YUSA BIRA. Dinamika Ilmu Komunikasi. Vol. 1,

No. 1. hal 32

A. Zulfikar & K. Y. Subarsa. (2019). Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan di Televisi Terhadap

Brand Awareness Bukalapak pada Pengunjung Kota Kasablanka. Inter Komunika: Jurnal

Komunikasi. Vol 4, No 1. hal 19

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication,

(1), 1-13.

Shimp, T. A., and Andrews, C. J. (2013). Advertising, promosion, and other aspects of integrated

marketing communication. Ninth edition: USA: Cengage learning.

Sobur, A. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. hal 71


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.