Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Good Day DUET“Dua rasa jadi satu lebih seru”

Fikri Andika, Hafizh Zufar Fachrezy, Ronaldo Ganda Aldino, Marcell Aldryanto

Abstract


Kajian ini membahas tentang analisis semiotika teori Roland Barthes yang meliputi tiga dimensi yaitu Denotasi, Konotasi dan Mitos (mitos). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dalam iklan Good Day Coffee. Hasil penelitian yang diperoleh dari iklan Good Day Duet“Dua rasa jadi satu lebih seru” dinilai baik, menarik, kreatif, disukai konsumen, meningkatkan karakter, mudah diingat, dan menggambarkan pesan Good Day Coffee secara umum. Sebagai produk minuman, Good Day Coffee dinilai cukup berhasil dalam pemasaran. Iklan Good Day Coffee juga sering muncul di televisi, terutama pada jam tayang program acara televisi unggulan, salah satunya adalah iklan Good Day Coffee versi Rizky Febian & Mahalini, maksud dari iklan tersebut dapat dilihat dengan menggunakan tulisan Roland Barthes. theory.Keywords:, iklan.


Full Text:

PDF

References


Al Gadri, H.H., & Damayanti, N. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Good Day

Coffee Versi “Rizky Febian & Tiara Andini”, 5 (1), 60‐65.

Fratini, A. & Wenerda, I. (2022). Representasi Anak Muda pada Iklan Good Day “Cari Terus

Rasamu”,11(1), 23-30.

Vera, N. (2014). Semiotika dan Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.

Bather, R. (2006). Membedah Mitos-mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda,

Simbol, dan Representasi. Jalasutra.

Purnama, E. (2022). 7 Mitos Populer Kopi yang Telah Dipecahkan Para Ahli, Apa Saja?.

Liputan6.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.