Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Good Day DUET“Dua rasa jadi satu lebih seru”
Abstract
Kajian ini membahas tentang analisis semiotika teori Roland Barthes yang meliputi tiga dimensi yaitu Denotasi, Konotasi dan Mitos (mitos). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dalam iklan Good Day Coffee. Hasil penelitian yang diperoleh dari iklan Good Day Duet“Dua rasa jadi satu lebih seru” dinilai baik, menarik, kreatif, disukai konsumen, meningkatkan karakter, mudah diingat, dan menggambarkan pesan Good Day Coffee secara umum. Sebagai produk minuman, Good Day Coffee dinilai cukup berhasil dalam pemasaran. Iklan Good Day Coffee juga sering muncul di televisi, terutama pada jam tayang program acara televisi unggulan, salah satunya adalah iklan Good Day Coffee versi Rizky Febian & Mahalini, maksud dari iklan tersebut dapat dilihat dengan menggunakan tulisan Roland Barthes. theory.Keywords:, iklan.
Full Text:
PDFReferences
Al Gadri, H.H., & Damayanti, N. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Good Day
Coffee Versi “Rizky Febian & Tiara Andini”, 5 (1), 60‐65.
Fratini, A. & Wenerda, I. (2022). Representasi Anak Muda pada Iklan Good Day “Cari Terus
Rasamu”,11(1), 23-30.
Vera, N. (2014). Semiotika dan Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.
Bather, R. (2006). Membedah Mitos-mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda,
Simbol, dan Representasi. Jalasutra.
Purnama, E. (2022). 7 Mitos Populer Kopi yang Telah Dipecahkan Para Ahli, Apa Saja?.
Liputan6.com.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.