Mitos Warna Kulit Perempuan Pada Iklan Sabun Mandi Biore Bright Sseries
Abstract
Kulit perempuan ideal masih menjadi sebuah standar kecantikan yang ideal untuk setiap
perempuan. hal ini menjadikan banyak perempuan yang ingin memiliki kulit putih. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk membahas mitos warna kulit perempuan ideal pada iklan
sabun mandi Biore Bright Series yang menayangkan seorang perempuan yang mempunyai kulit gelap, dan menginginkan kulit putih seperti temannya yang mempunyai kulit putih cerah bersinar. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Tanda-tanda dalam iklan dikaji secara bertahap untuk mendapatkan makna pesan dan bentuk representasi dari cuplikan scene pada iklan. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa perempuan dianggap ideal apabila mempunyai warna kulit yang putih cerah bersinar dan perempuan berkulit gelap dianggap tidak termasuk ke dalam standar
kecantikan. Hal tersebut tidak sesuai dengan kondisi warna kulit perempuan yang ada di
Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Aprilita, D. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram
(Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun@ mostbeautyindo,@ Bidadarisurga,
dan@ papuan_girl). Paradigma, 4(3).
Aprilia, D. R. (2005). Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan
Perempuan oleh Iklan (Analisis Semiotika Iklan Cetak WRP Body Shape &
Prolene). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).
Pratiwi, O., & Luthfianiza, L. (2020). Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas
Kulit Perempuan Ideal Indonesia Dalam Iklan Citra. Jurnal Audiens, 1(2), 136-144.
Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier
Sakura White dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi
Informasi, 14(1), 93-119.
Rimbardi, A. N. R., Ramadhani, L. R., & Wicaksono, F. B. (2022). Representasi Wajah
Perempuan Ideal dalam Iklan Garnier Edisi ‘Wajah Bersih tanpa Jerawat’. Jurnal
Audiens, 3(2), 22-32.
Annafi, S. P., & Azizah, L. N. (2020). Representasi Tubuh Ideal Perempuan Dalam Iklan WRP
Versi Limited Edition. Jurnal Audiens, 1(2), 206-214.
Adiyanto, W., & Saptiyono, A. (2022). Representasi Laki-Laki dan Perempuan dalam Iklan
Tehicha. Avant Garde, 10(1), 82.
Fadillah, D. (2021). Representasi dan Stereotip pada Perempuan Berkulit Gelap dalam Iklan
“Fair and Lovely”. Jurnal Audiens, 2(1), 80-87.
Putri, A. P. (2014). Representasi citra perempuan dalam iklan shampoo Tresemme Keratin
Smooth di majalah Femina. E-Journal Ilmu Komunikasi, 2(2), 104-115.
Mondong, T. (2011). REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN POND'S. Jurnal
Inovasi, 8(01).
Situmeang, I. O. (2017). Representasi Wanita Pada Iklan Televisi Wardah Cosmetic (Analisis
Semiotik Roland Barthes Wardah Inspiring Beauty Versi True). SEMIOTIKA: Jurnal
Komunikasi, 9(1).
Pratama, H. I., Tabrani, M. F., & Khoirun, I. M. (2022). Menolak Stereotip, Representasi
Kecantikan Perempuan pada Iklan Produk Kecantikan Skin Game. Jurnal Audiens, 3(4),
-300.
Aden, Z., Syaputra, D. D., & Rigata, D. E. D. (2022). Putih Sebagai Kulit Ideal: Representasi
Warna Kulit Perempuan Ideal Dalam Iklan Dove Body Wash Tahun 2017. Jurnal
Audiens, 3(1), 91-102.
Arwanda, D., Wulandari, E. A., & Saputra, M. R. P. (2022). Putih yang Ideal: Representasi
Warna Kulit Perempuan dalam Iklan Kosmetik Vaseline Insta Fair Tahun 2013. Jurnal
Audiens, 3(1), 48-60.
Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi maskulinitas dalam iklan televisi
Pond’s men# Lelakimasakini (analisis semiotika Roland Barthes terhadap representasi
maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16-30.
Vidyarini, T. N. (2007). Representasi Kecantikan dalam Iklan Kosmetik the face
shop. Scriptura, 1(2).
Nastia, I. (2020). Representasi Perempuan Sosialita dan Budaya Konsumen pada Iklan
Magnum. Jurnal Audiens, 1(2), 182-186.
Hermawan, H., & Hamzah, R. E. (2017). Objektifikasi perempuan dalam iklan televisi: Analisis
lintas budaya terhadap iklan parfum axe yang tayang di televisi indonesia dan amerika
serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2).
Ifada, H. S. N., Wati, A. P., & Afifi, A. Y. (2022). Representasi Warna Kulit Perempuan Ideal
dalam Iklan K-Natural White Brightening Body Versi Agatha Chelsea. Jurnal
Audiens, 3(4), 228-238.
Maharani, F., & PB, S. A. (2020). Representasi Male Gaze terhadap Perempuan dalam Iklan
Dot Dodo. Jurnal Audiens, 1(2), 199-205.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.