Mitos Warna Kulit Perempuan Pada Iklan Sabun Mandi Biore Bright Sseries

Muhammad Rozaqul Fatah

Abstract


Kulit perempuan ideal masih menjadi sebuah standar kecantikan yang ideal untuk setiap
perempuan. hal ini menjadikan banyak perempuan yang ingin memiliki kulit putih. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk membahas mitos warna kulit perempuan ideal pada iklan
sabun mandi Biore Bright Series yang menayangkan seorang perempuan yang mempunyai kulit gelap, dan menginginkan kulit putih seperti temannya yang mempunyai kulit putih cerah bersinar. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Tanda-tanda dalam iklan dikaji secara bertahap untuk mendapatkan makna pesan dan bentuk representasi dari cuplikan scene pada iklan. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa perempuan dianggap ideal apabila mempunyai warna kulit yang putih cerah bersinar dan perempuan berkulit gelap dianggap tidak termasuk ke dalam standar
kecantikan. Hal tersebut tidak sesuai dengan kondisi warna kulit perempuan yang ada di
Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Aprilita, D. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram

(Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun@ mostbeautyindo,@ Bidadarisurga,

dan@ papuan_girl). Paradigma, 4(3).

Aprilia, D. R. (2005). Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan

Perempuan oleh Iklan (Analisis Semiotika Iklan Cetak WRP Body Shape &

Prolene). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Pratiwi, O., & Luthfianiza, L. (2020). Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas

Kulit Perempuan Ideal Indonesia Dalam Iklan Citra. Jurnal Audiens, 1(2), 136-144.

Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier

Sakura White dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi

Informasi, 14(1), 93-119.

Rimbardi, A. N. R., Ramadhani, L. R., & Wicaksono, F. B. (2022). Representasi Wajah

Perempuan Ideal dalam Iklan Garnier Edisi ‘Wajah Bersih tanpa Jerawat’. Jurnal

Audiens, 3(2), 22-32.

Annafi, S. P., & Azizah, L. N. (2020). Representasi Tubuh Ideal Perempuan Dalam Iklan WRP

Versi Limited Edition. Jurnal Audiens, 1(2), 206-214.

Adiyanto, W., & Saptiyono, A. (2022). Representasi Laki-Laki dan Perempuan dalam Iklan

Tehicha. Avant Garde, 10(1), 82.

Fadillah, D. (2021). Representasi dan Stereotip pada Perempuan Berkulit Gelap dalam Iklan

“Fair and Lovely”. Jurnal Audiens, 2(1), 80-87.

Putri, A. P. (2014). Representasi citra perempuan dalam iklan shampoo Tresemme Keratin

Smooth di majalah Femina. E-Journal Ilmu Komunikasi, 2(2), 104-115.

Mondong, T. (2011). REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN POND'S. Jurnal

Inovasi, 8(01).

Situmeang, I. O. (2017). Representasi Wanita Pada Iklan Televisi Wardah Cosmetic (Analisis

Semiotik Roland Barthes Wardah Inspiring Beauty Versi True). SEMIOTIKA: Jurnal

Komunikasi, 9(1).

Pratama, H. I., Tabrani, M. F., & Khoirun, I. M. (2022). Menolak Stereotip, Representasi

Kecantikan Perempuan pada Iklan Produk Kecantikan Skin Game. Jurnal Audiens, 3(4),

-300.

Aden, Z., Syaputra, D. D., & Rigata, D. E. D. (2022). Putih Sebagai Kulit Ideal: Representasi

Warna Kulit Perempuan Ideal Dalam Iklan Dove Body Wash Tahun 2017. Jurnal

Audiens, 3(1), 91-102.

Arwanda, D., Wulandari, E. A., & Saputra, M. R. P. (2022). Putih yang Ideal: Representasi

Warna Kulit Perempuan dalam Iklan Kosmetik Vaseline Insta Fair Tahun 2013. Jurnal

Audiens, 3(1), 48-60.

Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi maskulinitas dalam iklan televisi

Pond’s men# Lelakimasakini (analisis semiotika Roland Barthes terhadap representasi

maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16-30.

Vidyarini, T. N. (2007). Representasi Kecantikan dalam Iklan Kosmetik the face

shop. Scriptura, 1(2).

Nastia, I. (2020). Representasi Perempuan Sosialita dan Budaya Konsumen pada Iklan

Magnum. Jurnal Audiens, 1(2), 182-186.

Hermawan, H., & Hamzah, R. E. (2017). Objektifikasi perempuan dalam iklan televisi: Analisis

lintas budaya terhadap iklan parfum axe yang tayang di televisi indonesia dan amerika

serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2).

Ifada, H. S. N., Wati, A. P., & Afifi, A. Y. (2022). Representasi Warna Kulit Perempuan Ideal

dalam Iklan K-Natural White Brightening Body Versi Agatha Chelsea. Jurnal

Audiens, 3(4), 228-238.

Maharani, F., & PB, S. A. (2020). Representasi Male Gaze terhadap Perempuan dalam Iklan

Dot Dodo. Jurnal Audiens, 1(2), 199-205.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.