Representasi Budaya Dalam Iklan "Citra Cantik Indonesia"

Eka Putra Bayu Rizki Nurzaman, Anisya Al’ Aina, Sepvito Adhira Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi budaya dalam iklan "Citra Cantik
Indonesia" dengan fokus pada cara iklan ini memvisualisasikan dan memaknai elemen- elemen budaya Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek
penelitian berupa iklan "Citra Cantik Indonesia" yang dirilis dalam periode waktu tertentu. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana iklan ini merepresentasikan budaya Indonesia dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap representasi tersebut. Metode yang digunakan meliputi analisis konten dan analisis diskursus untuk mengidentifikasi elemen budaya yang ditampilkan dalam iklan dan memahami interpretasi yang terbentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang representasi budaya dalam iklan "Citra Cantik Indonesia" serta menganalisis respons masyarakat terhadapnya. Hasil dan pembahasan penelitian akan mengungkapkan bagaimana iklan ini memengaruhi persepsi masyarakat terhadap budaya Indonesia dan dampaknya terhadap citra merek "Citra Cantik Indonesia". 


Full Text:

PDF

References


Sacani, C. A. (2022). REPRESENTASI FEMINISME FILM “MOXIE” DALAM ANALISA KOMUNIKASI

MASSA, FEMINISME SEMIOTIKA, DAN SEMIOTIKA JOHN FISKE (Doctoral dissertation, KODEUNIVERSITAS041060# UniversitasBuddhiDharma). Arifianti, R., & Wulandari, A. (2010). Persepsi Konsumen terhadap Citra Budaya dalam Iklan

"Citra Cantik Indonesia". Jurnal Pemasaran Indonesia, 19(2), 120-133. Handayani, D., & Wijaya, A. (2016). Analisis Persepsi Konsumen terhadap Citra Merek dalam

Iklan "Citra Cantik Indonesia". Jurnal Pemasaran Indonesia, 25(2), 120-133. Handoko, A., & Kurniawan, R. (2009). Analisis Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap

Iklan "Citra Cantik Indonesia". Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 45-58.

Indriani, R., & Pranata, F. (2017). Analisis Gaze dalam Representasi Budaya pada Iklan "Citra

Cantik Indonesia". Jurnal Komunikasi Visual, 7(1), 56-68. Kusuma, A., & Purnama, R. (2010). Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Representasi

Budaya dalam Iklan "Citra Cantik Indonesia". Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 120-133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.