Hiperrealitas Bentuk Produk dalam Iklan TVC Better versi Bigger Better Sandwich Biscuit Vanila Cream

Farhan Kamil

Abstract


Iklan sangat berkaitan dengan elemen visual yang dapat mempengaruhi sudut pandang dan perilaku khalayaknya. Iklan sebagai media promosi mengandung makna yang disampaikan melalui bahasa dan visualisasinya namun tak jarang khalayak menafsirkan makna yang berbeda sesuai pengalaman tanpa mempertimbangkannya. Pada Iklan Better “Bigger Better Sandwich Biscuit Vanila Cream” gaya visualnya yang memiliki ciri khas dengan warna merah, kuning dan coklat yang menjadi identitas diri dari Iklan Better yang konsisten menjaga branding-nya dengan unsur Simulakra dan Simulasi pada Elemen desain untuk menarik perhatian khalayak. Penelitiannya sendiri menggunakan metode kualitatif yang biasanya digunakan untuk meneliti pada observasi dan pengamatan pada objek. Penelitian akan dikaji sesuai dengan pendekatan pendoman Budaya Visual yang merupakan nilai dasar untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Metode kualitatif sendiri mengacu pada literatur dan kajian-kajian yang sesuai untuk pada Iklan Better “Bigger Better
Sandwich Biscuit Vanila Cream”. Teori Simulakra dan Simulasi mengacu pada metode ini yang digunakan untuk memahami bagaimana iklan tersebut menciptakan representasi yang menggantikan realitas asli dan menciptakan dunia hiperreal yang semakin terfragmentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen dalam iklan yang mengikuti logika hiperrealitas serta dampaknya pada persepsi konsumen. Beberapa peneliti sebelumnya (Johnson, 2015) telah menerapkan metode analisis konten dan analisis semiotik untuk mempelajari fenomena simulasi-simulakra (hiperrealitas) dalam konteks iklan produk.


Full Text:

PDF

References


Baudrillard, Jean. (1983). Simulation. (Translated: Paul fos, Paul Patton & Philip Beitchman).

Semiotext[e].

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori+ Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Hakim, C.. (2016, Juni 16). Kode Morse THR. Kompas Online. Diakses dari

http://www.kompas.com

Johnson, B. & Christensen, Larry. (2012). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and

Mixed Approaches (4th ed). London: SAGE Publication Ltd.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-dasar periklanan. Banten: FISIP Untirta Press.

Jasmani. 2018. “Pengaruh promosi dan pengembangan produk terhadap peningkatan hasil

penjualan”.Jurnal Semarak, Vol. 1 No. 3, pp. 142–157.

Johnson, R. (2015). The Influence of Hyperreality on Consumer Perception: A Study on

Advertising Representations. Journal of Marketing Communications, 25(2), 132-148.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2011). Peraturan Mendiknas tentang Satuan

Pengawasan Internal (Permendiknas Nomor 47 tahun 2011). Jakarta: Penulis.

Kim, C., Mirusmonov, M., Lee, I. (2010). An Empirical Examination of Factors Influencing the

Intention to Use Mobile Payment. Computers in Human Behavior, 26 (1), 310‐322.

Ladjamudin, Al Bahra bin. 2005. Analisa dan Disain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Piliang, Yasraf Amir. Jaelani, Jejen. (2018). Teori Budaya Kontemporer : Penjelajahan Tanda dan

Makna.Cantrik Pustaka.

Piliang, Yasraf Amir. (2019). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, & Matinya Makna.

Cantrik Pustaka.

Smith, A. (2018). The Influence of Simulacra Practices in Advertising. Journal of Marketing

Communications, 42(2), 156-172.

Young, R.F. (2007). Crossing Boundaries in Urban Ecology (Doctoral Dissertation). Tersedia dari

Proquest Dissertation & Theses Database.

Pranowo, A. (2019). Analisis Simulasi-Simulakra dalam Iklan Kontemporer. Jurnal Komunikasi

Visual, 15(2), 78-95.

Safitri, N., & Pramono, R. (2020). Analisis Isi Iklan dalam Menciptakan Simulasi Hiperreal: Studi

Kasus pada Iklan Produk Makanan di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Teknologi Komputer, 9(1),

-34.

Iskandar, S. (2017). Analisis Iklan: Teori, Metode, dan Aplikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi,

(2), 128-143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.