Representasi Makna Budaya Kekeluargaan Pada Salah Satu Iklan IKEA Edisi “Nikmatnya Kebersamaan”

Ragil Adhi Syahputra, Febryan Dwi Cahya, Ariel Adrian

Abstract


Dalam sebuah tayangan iklan, khususnya iklan IKEA edisi "Nikmatnya
Kebersamaan" terdapat sebuah permasalahan muncul yang berhubungan
dengan kesempurnaan dan idealisasi dalam representasi kebersamaan
keluarga. Pada iklan IKEA ini, mereka mengusung tema kekeluargaan yang
secara langsung mengacu pada norma dan nilai-nilai yang ada dalam
masyarakat. Iklan tersebut berusaha untuk menyampaikan dan mempromosikan produk IKEA dengan cara yang mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dalam konteks keluarga. iklan tersebut menampilkan adegan- adegan yang menunjukkan kehangatan, kegembiraan, dan interaksi positif antara anggota keluarga yang menggunakan produk IKEA. Melalui visual yang kuat dan narasi yang tepat, iklan tersebut juga berusaha membangun hubungan emosional dengan pemirsa, memancing perasaan nostalgia, dan membangkitkan keinginan untuk menciptakan lingkungan rumah tangga yang harmonis. Objek penelitian difokuskan pada analisis potongan gambar dalam adegan iklan, dengan tujuan memahami cara iklan IKEA menggambarkan kebersamaan keluarga dan konsep kekeluargaan. Penelitian juga mengeksplorasi STP IKEA (Segmenting, Targeting, Positioning), citra kekeluargaan dalam iklan, makna mitos dalam iklan, serta gaze/persepsi, simulasi/simulakra, dan identifikasi visual dalam iklan IKEA.


Full Text:

PDF

References


Adela, D., Fabella, N. T., Alfanis, A., Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Iklan, Persepsi Kualitas, Dan

Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Lampung (ID). Universitas Mitra

Indonesia.

Ambarwati. (2018). Gaya Bahasa Iklan Produk Mebel dan Peralatan Dapur IKEA. Yogyakarta (ID).

Universitas Negeri Yogyakarta.

Brata, A. B. (2018). Analisis Strategi Intergrated Marketing Communication IKEA dalam

Menghadapi Persaingan Bisnis Di Bidang Furniture Dan Home Furnishings. Yogyakarta

(ID). Universitas Islam Indonesia.

Iskandar, M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Bandung (ID).

Universitas Telkom.

Salsabila, M. (2018). Representasi Makna Harmonis Keluarga Pada Iklan IKEA. Bandung (ID).

Universitas Islam Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.